OPINI

Nestapa Guru Honorer

Sebab, selama ini tenaga honorer direkrut dengan sistem yang tidak jelas, sehingga mereka kerap mendapat gaji di bawah upah minimum regional (UMR). 

Editor: Hasrul Rusdi
Ist/Tribun-Sulbar.com
Rahmawati, S. Pd, Ketua Majelis ta'lim Mar'atul Muthmainna 

Oleh : Rahmawati, S.Pd, Ketua Majelis Ta'lim Mar'atuLL MUTHMAINAH

Tenaga Honorer kembali harus menelan pil pahit, pasalnya pemerintah memastikan akan menghapus tenaga honorer mulai 28 November 2023.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo, telah menerbitkan Surat Edaran nomor B/185/M.SM.02.03/2022 tentang Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah pada 31 Mei 2022 dan telah diundangkan.

Dalam surat edaran itu, disebutkan Aparatur Sipil Negara hanya terdiri dari PPPK dan PNS. Sebelumnya, pemerintah telah mengatur tentang PPPK dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). (tribunnews.com, 2/6/2022)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyatakan, kebijakan penghapusan pekerja honorer bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Sebab, selama ini tenaga honorer direkrut dengan sistem yang tidak jelas, sehingga mereka kerap mendapat gaji di bawah Upah Minimum Regional (UMR)

Kendati demikian, instansi tak bisa serta merta mengangkat pegawai honorer menjadi pekerja outsourcing. Pengangkatannya harus sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan masing-masing instansi.

Untuk itu Aliansi Honorer Nasional (AHN) Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar aksi unjuk rasa, Kamis (9/6/2022) untuk memperjuangkan nasib honorer dilingkup pemerintah.

Aksi tersebut, dilakukan memperjuangkan nasib honorer dilingkup pemerintahan. Titik aksi dilaksanakan di DPRD Sulbar, Jl Abdul Malik Pattana Endeng, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju.

Ada tiga tuntutan Aliansi Honorer Nasional kepada pemerintah. Pertama, menolak pemberhentian dan penghapusan tenaga honore khususnya yang telah mengabdi selama 10 tahun lebih.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved