Berita Sulbar

Tak Ingin Proyek Rp 160 Miliar Lari ke Daerah Lain, Pj Gubernur Akmal Malik Akan Lakukan Ini

Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan, pemerintah pusat sudah menyiapkan anggaran namun pemerintah provinsi masih terkendala regulasi.

Editor: Nurhadi Hasbi
HUMAS PEMPROV SULBAR
Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik rapat membahas pembebasan lahan pembangunan Jl Arteri Tahap II 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) segera membuat Peraturan Gubernur terkait pembebasan lahan pembangunan jalan arteri tahap II.

Pembangunan arteri tahap II sepanjang 1,8 km.

Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR telah menganggarkan Rp 20 miliar untuk pembebasan lahan.

Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan, pemerintah pusat sudah menyiapkan anggaran namun pemerintah provinsi masih terkendala regulasi.

Regulasi yang dimaksud adalah Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum belum bisa menjadi dasar untuk menganggarkan pembebasan lahan untuk proyek arteri tahap II.

Untuk itu, Pj Guberur Akmal Malik akan melakukan diskresi, melibatkan sejumlah OPD agar segera membuat peraturan gubernur.

Akmal Malik tak menginginkan proyek Rp160 Miliar yang tadinya diperuntukkan ke Sulbar justru beralih ke daerah lain karena tidak dapat menuntaskan persoalan pembebasan lahan.

"Kalau tidak ada regulasi kita boleh melakukan diskresi, kita ambil alih, kita buat pergub," ujar Akmal Malik

Sebelumnya, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Sulbar Sjofva Rosdiansjah mengharapkan pemda, Baik Pemprov Sulbar maupun Pemkab Mamuju segera menuntaskan pembebasan lahan di lokasi pengerjaan Arteri Tahap II.

Disebutkan, ada 21 bidang tanah (persil) yang perlu dibebaskan, dan progresnya hingga saat in belum terbayar.

Selain persoalan dana yang belum siap juga masih terdapat delapan persil belum dilengkapi dokumen dari pemilik lahan sebagai dasar dilakukan pengukuran dan penentuan harga.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved