Pemilihan Serentak 2024 dan Ancaman Partisipasi Pemilih

Budaya partisipasi ini tentunya ditandai dengan kesadaran politik masyarakat yang tinggi.

Editor: Nurhadi Hasbi
Ist/Tribun-Sulbar.com
Firdaus Abdullah, Pendiri/Dewan Pembina Forum Masyarakat Peduli Media (FMPM) Sulawesi Barat. 

Oleh : Firdaus Abdullah
Korwil Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat Sulbar

PEMERINTAH melalui Mendagri, Komisi II DPR RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyepakati pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum serentak untuk memilih Presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota yakni 14 Februari 2024.

Sedangkan pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil walikota dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

KPU harus terus mengajak masyarakat untuk senantiasa berpartisipasi dalam pemilu dan pemilihan kepala daerah, agar hal ini dapat menjadi budaya politik dimasyarakat itu sendiri.

Budaya partisipasi ini tentunya ditandai dengan kesadaran politik masyarakat yang tinggi.

Tidak hanya sekedar menggunakan hak pilih pada hari pemungutan suara, akan tetapi masyarakat betul-betul terlibat dalam seluruh tahapan pemilihan nantinya.

Seperti terlibat aktif dalam proses penyusunan daftar pemilih saat dilakukan coklist hingga pengecekan nama masyarakat apakah terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga ditetapkan sebagai Daftar pemilih Tetap (DPT).

Di tengah ketidak pastian kapan berakhirnya pandemi covid-19, salah satu tantangan berat yang harus dihadapi adalah tingkat partisipasi pemilih, pengalaman pemilihan sebelumnya sulitnya menjaga tingkat partisipasi publik di tengah pandemi covid-19.

Tentu selain keselamatan masyarakat juga menjadi perhatian adalah mobilisasi pemilih ; baik pada saat kampanye maupun ke TPS.

Rendahnya partisipasi publik akan menyebabkan pemilu kehilangan legitimasi dan tentu berdampak pada kualitas demokrasi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved