Jabatan Kades Diperpanjang

Kepala Desa Bambu Mamuju Setuju Jabatan Kades Diperpanjang 9 Tahun, Hartono: Untuk Bangun Daerah

Kata dia, jika periode kades dipersingkat maka akan kesulitan karena jelang masa jabatan satu tahun itu kades masih menyusaikan masyarakatnya.

Penulis: Abd Rahman | Editor: Ilham Mulyawan
Tribun-Sulbar.com/Fahrun Ramli
Kades Desa Bambu, Hartono bersama istri 

TRIBUN-SULBAR.COM,MAMUJU - Ketua Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Mamuju Hartono, setuju dengan wacana perpanjangan jabatan Kepala desa (Kades) dari enam menjadi sembilan tahun.

Kepala Desa Bambu itu mengaku, sangat sepakat jika masa priode desa diperpanjang menjadi 9 tahun karena menambah kesempatan para kades membangun desanya.

"Kades memang sangat membutuhkan masa jabatan yang panjang karena memang para kades itu bersentuhan langsung dengan masyarakatnya," ungkap Hartono saat dihubungi Tribun-Sulbar.com, Selasa (24/1/2023).

Baca juga: Presiden Jokowi Rencana Perpanjang Jabatan Kades di Indonesia Hingga 9 Tahun, Setuju?

Dia menjelaskan, jabatan presiden dan bupati itu tidak sama dengan kades, karena memang merekalah para kepala desa ini yang setiap hari bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kata dia, jika periode kades dipersingkat maka akan kesulitan karena jelang masa jabatan satu tahun itu kades masih menyusaikan masyarakatnya.

"Jadi para kades memiliki kesempatan panjang untuk membangun daerahnya (desanya). Kemudian kades-kades baru masih perlu belajar dari sistem pemerintahan," bebernya.

Hartono menjelaskan, sejak zaman kepempinan Soekarno hingga Joko Widodo sistem pembangunan itu terus dimulai dari kota ke desa.

Padahal seharusnya pembangunan daerah itu mestinya dibangun dari desa ke kota agar sistem pembangunan ini tertata.

"Misalkan di kota kucuran anggaran pembangunan 70 persen sedangkan di desa hanya diberikan 30 persen," tuturnya.

Karena itu, dirinya sangat menyepakati jika priode atau masa jabatan desa ditambah menjadi 9 tahun agar pembangunan daerah bisa lebih merata.

Sebelumnya, Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepakat dengan tuntutan perubahan periodesasi masa jabatan kepala desa.

Untuk diketahui ribuan kepala desa berunjukrasa menuntut perubahan masa jabatan kepala desa dari awalnya 6 tahun menjadi 9 tahun.

“Saya bicara dengan Pak Jokowi dan Pak Jokowi mengatakan sepakat dengan tuntutan itu,” kata Budiman di Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip dari Tribunwes.com Selasa, (17/1/2023).(*)

Laporan Wartawan Tribun-Sulbar.com Abd Rahman

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved