Advertorial Dinas PMD Sulbar

Dinas PMD Masifkan Pelatihan Enumerator Desa, Bantu Pemerintah Tentukan Arah Kebijakan Pembangunan

Sehingga, lanjut dia dengan adanya pelatihan Enumator Data Desa Presisi, dapat membantu program perencanaan pembangunan pemerintah desa ke depan.

Penulis: Samsul Bachri | Editor: Ilham Mulyawan
ist
Pelatihan Enumerator Sosial Data Desa Presisi di Aula Kantor Desa Pontana Kayyang, Kecamatan Budong-Budong, Mamuju Tengah, beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU TENGAH - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Mamuju tengah (Mateng), gencar melaksanakan kegiatan sosialisasi tenaga Enumerator Sosial Data Presisi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu membantu perencanaan pembangunan di daerah pedesaan.

"Belum maksimalnya data yang ada di setiap desa, membuat pemerintah kesulitan menentukan arah kebijakan program pembangunan. Sehingga perlu perbaikan dan pembaharuan data secara keseluruhan," ujar Tajuddin Totoh, Kepala Desa Pontana Kayyang, Kecamatan Budong-Budong, Mamuju Tengah beberapa waktu lalu.

Sehingga, lanjut dia dengan adanya pelatihan Enumator Data Desa Presisi, dapat membantu program perencanaan pembangunan pemerintah desa ke depan.

Tajuddin pun mengapresisasi kegiatan tersebut, karena masih banyak data yang ada di desanya perlu pembaharuan.

Sebab dapat mempermudah mendeteksi semua sektor maupun golongan, mulai dari data masyarakat miskin, angka kelahiran, angka kematian, letak wilayah, pemetaan, hingga kondisi dan titik rumah dapat diakses dengan satu aplikasi.

Pada kesempatan sama, Koordinator Tim Sparsial Mamuju Tengah, Fajar Cakrawinata mengatakan semua desa di Mamuju Tengah akan dilakukan kegiatan serupa.

"Sebanyak 54 desa yang ada di Mamuju Tengah akan di data sehingga perlu kerjasama seluruh lapisan masyarakat agar program ini berdampak positif untuk desa, terkhusus kabupaten, " terang Fajar.

Laporan wartawan Tribun-Sulbar.com Samsul Bahri

 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved