Gempa Sulbar

Gempa Bumi Magnitudo 4,5 M di Mamuju Tengah, BPBD Imbau Warga Tidak Panik

Dikatakan, sejauh ini belum ada laporan dari warga terkait dampak yang ditimbulkan gempa tersebut.

Penulis: Samsul Bachri | Editor: Nurhadi Hasbi
Tribun-Sulbar.com/Samsul Bachri
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju Tengah, Bachtiar saat ditemui di kantornya Jl. Trans Sulawesi, Topoyo, Mamuju Tengah, Senin (26/9/2022). 

TRIBUN-SULBAR. COM, MAMUJU TENGAH - Gempa bumi magnitudo 4.5 mengguncang Kabupaten Mamuju Tengah, Senin (26/9/2022) dini hari pukul 03.43 WITA.

Gempa bumi terletak pada koordinat 1.94 LS dan 118.90 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 67 km Barat Laut Mamuju Tengah - Sulawesi Barat (Sulbar) pada kedalaman 19 km.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju Tengah, Bachtiar mengatakan getaran gempa tidak menimbulkan dampak kerusakan.

Baca juga: BREAKING NEWS: Gempa Bumi 4.5 Guncang Mamuju Tengah, Berpusat di Laut

"Tidak perlu panik, namun tetap waspada, " imbuh Bahctiar saat ditemui di kantornya Jl. Trans Sulawesi, Topoyo, Mamuju Tengah, Senin (26/9/2022).

Dikatakan, sejauh ini belum ada laporan dari warga terkait dampak yang ditimbulkan gempa tersebut.

"Sebenarnya diketahui indeks resiko bencana di Indonesia di tahun 2021, Sulbar itu salah satu daerah yang paling tinggi tingkat keamanan bencana " ujarnya.

Untuk itu, ia menghimbau kepada warga khususnya Mamuju Tengah untuk tidak panik ketika terjadi gempa.

"Di Sulbar ini ada sesar aktif, jadi perlu waspada dan tidak perlu panik apalagi sampai berlebihan, " tuturnya.

Lanjut Bachtiar, sejauh ini menyikapi hal itu, BPBD Mamuju Tengah telah melakukan sosialisasi mitigasi bencana.

"Ada dua hal yang perlu dilakukan untuk kesiapsiagaan bencana, diantaranya peningkatan kapasitas masyarakat dan pembangunan infrastruktur yang tahan gempa, " pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, gempa bumi tektonik magnitudo 4.5 kembali mengguncang wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) Senin (26/9/2022) dini hari pukul 03.43 WITA.

Hasil analisis yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa bumi tersebut berpusat di Kabupaten Mamuju Tengah.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.94 LS dan 118.90 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 67 km Barat Laut Mamuju Tengah - Sulawesi Barat pada kedalaman 19 km.

Jenis dan Mekanisme Gempa Bumi:

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved