Breaking News:

Kemenkumham Sulbar

76 PNS Baru Kemenkumham Sulbar Diberikan Pembinaan Mental di Aula Pengayoman

"Jadi kalau teman-teman itu sedih atau takut, maka cepat-cepat kembali ke zona positif," sambung Azimah.

Editor: Hasrul Rusdi
Ist/Tribun-Sulbar.com
76 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya diberikan pembinaan mental, Selasa (11/1/2022). 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU - 76 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya diberikan pembinaan mental, Selasa (11/1/2022).

Hal tersebut penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai ASN.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Pengayoman ini menghadirkan narasumber Quwwatun Azimah SPsi MPsi, Psikolog memberikan materi beberapa hal mengenai emotional intelligence.

Ada beberapa hal penjelasan lainnya yaitu konflik di tempat kerja yang memengaruhi kinerja pegawai antara lain tekanan kerja, suasana dan kondisi ruang kerja yang kurang bersih. Hal itu berpengaruh terjadap kinerja dan kesehatan mental pegawai.

Baca juga: Karutan Majene, Mansur Bersedia dan Siap Membantu Sukseskan Program Pemerintah Daerah

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya diberikan pembinaan mental, Selasa (11/1/2022).
Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya diberikan pembinaan mental, Selasa (11/1/2022). (Ist/Tribun-Sulbar.com)

Selanjutnya Ia juga menyampaikan penjelasan mengenai tipe kepemimpinan (leadership type) dan followership type.

Azimah memberikan penjelasan terkait tingkatan emosi yang dimiliki seseorang. Terbagi ke dalam dua zona yakni positif dan negatif.

"Jadi kalau teman-teman itu sedih atau takut, maka cepat-cepat kembali ke zona positif," sambung Azimah.

Sebelum menyampaikan pemaparan, ice breaking dilakukan untuk memecah suasana. Peserta yang merupakan PNS yang baru saja dilantik mengikuti kegiatan bina mental ini dengan antusias.

Pemaparan yang disampaikan sangat interaktif sehingga peserta dapat memahami apa yang disampaikan.

Beberapa pertanyaan dan game sederhana disampaikan sehingga peserta penuh semangat untuk melanjutkan dan menyimak pemaparan dari materi bina mental siang hari ini.

Selanjutnya Ia juga menyampaikan tentang pengelolaan emosi. Mengelola emosi adalah tantangan seumur hidup.

Azimah mengatakan memang sulit dilakukan dan menjadi tantangan seumur hidup. Oleh karena itu sebagai Pegawai dibutuhkan kemampuan untuk bisa mengendalikan emosi dalam menghadapi perubahan dalam proses menjalankan tugas fungsi.

"Saya berharap kepada teman-teman bisa menjaga integritas, menaati kode etik kerja, dan akhlak kerja pegawai serta kejujuran itu sangat penting," ujar Azimah.

Sementara itu Diakhir kegiatan Kepala Divisi Administrasi, Mutia Farida menyampaikan kepada peserta, untuk terus membangun kebersamaan, kekompakan, wujudkan Insan Pengayoman yang lebih baik", tutupnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved