Opini

Tantangan Berat Menuju Indonesia Emas 2045, Stunting Masih Mengintai!

Jika dibandingkan dengan seluruh provinsi di Indonesia, IKPS Sulawesi Barat berada pada urutan ke-16 dari 34 provinsi di Indonesia.

Editor: Nurhadi Hasbi
dok pribadi
Sri Mulyani, Statistisi pada BPS Provinsi Sulawesi Barat 

Oleh: Sri Mulyani
(Statistisi pada BPS Provinsi Sulawesi Barat)

Dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045, stunting menjadi salah satu tantangan dalam mewujudkan misi tersebut.

Gangguan pada tumbuh kembang anak (stunting) bukan hanya berdampak terhadap pertumbuhan fisik balita, tetapi juga pada fungsi penting tubuh lainnya, seperti perkembangan otak dan sistem kekebalan tubuh.

Balita stunting berpotensi memiliki tingkat kecerdasan tidak maksimal, lebih rentan terhadap penyakit, dan di masa depan dapat berisiko pada menurunnya tingkat produktivitas.

Menurut data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 yang dilaksanakan Kementerian kesehatan, angka prevalensi stunting di Provinsi Sulawesi Barat mencapai 33,8 persen.

Ini artinya satu dari tiga anak di Sulawesi Barat mengalami stunting. Suatu angka yang mengerikan bagi kita semua.
Angka tersebut menempatkan Sulbar di posisi kedua provinsi dengan stunting tertinggi di Indonesia setelah Nusa Tenggara Timur.

Hal ini harus menjadi perhatian penting seluruh sektor karena angka tersebut jauh di atas rata-rata angka proporsi stunting nasional yakni sebesar 27,67 persen.

Kondisi ini seharusnya tidak terjadi mengingat secara geografis, Sulawesi Barat merupakan daerah pesisir dengan panjang pantai lebih dari 600 kilometer dengan produksi ikan yang melimpah.

Tentunya selain faktor konsumsi makanan, faktor lain juga perlu segera diidentifikasi agar angka prevalensi stunting di Sulawesi Barat dapat turun bahkan dapat di bawah angka nasional.

Tingginya angka stunting ini tentunya menjadi perhatian Provinsi Sulawesi Barat.

Salah satu alat pemantauan dan evaluasi berbagai program penanganan stunting yang telah dilakukan baik oleh Kementerian/Lembaga maupun pemerintah daerah menggunakan suatu indeks khusus yang dinamakan Indeks Khusus Penanganan Stunting (IKPS).

Berdasarkan Ringkasan Eksekutif yang diterbitkan BPS Provinsi Sulawesi Barat, IKPS Sulawesi Barat tahun 2020 sebesar 65,0, di bawah IKPS secara nasional yang sebesar 67,3.

Jika dibandingkan dengan seluruh provinsi di Indonesia, IKPS Sulawesi Barat berada pada urutan ke-16 dari 34 provinsi di Indonesia.

Kita berharap IKPS tahun selanjutnya dapat meningkat lagi dibandingkan tahun 2020.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved