OPINI

Islam Mensejahterakan Para Lansia

Beberapa program bagi lansia pun telah diluncurkan yang bertujuan mengurangi beban ketergantungan lansia pada kelompok usia produktif.

Editor: Hasrul Rusdi
Ist/Tribun-Sulbar.com
drg. Rubiah Lenrang, Praktisi Kesehatan dan Ibu Rumah Tangga 

Oleh : Rubiah Lenrang (Praktisi Kesehatan)

“Iye, Puang.” Demikianlah ucapan di kalangan masyarakat Mandar ketika berbicara dengan orang yang dihormati atau orang yang lebih tua dari pembicara, terutama kepada orang lanjut usia (Lansia).

Hal ini merupakan adab yang seharusnya dilakukan. Para lanjut usia telah mengenyam asam garam kehidupan, yang mana para anak muda sewajarnya banyak belajar dari mereka.

Rasulullah SAW. bersabda, “Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak menyayangi yang
muda di antara kita dan tidak menghormati yang lebih tua di antara kita.” (HR. Tirmidzi)

Menghormati orang tua adalah adab yang harus dijaga dalam Islam, seperti memanggil mereka dengan panggilan yang memuliakan, mencium tangan mereka, mendahulukan untuk mendapatkan hak mereka, dan memenuhi segala kebutuhannya.

Badan Pusat Statistik (BPS) dalam bukunya Stastistik Penduduk Lanjut Usia 2021 melaporkan bahwa pada tahun 2021, proporsi lansia mencapai 10,82 persen atau sekitar 29,3 juta orang.

Penambahan penduduk lanjut usia juga berpengaruh pada angka rasio ketergantungan, yang merupakan perbandingan antara penduduk usia produktif dengan penduduk usia tidak produktif.

Dengan bertambahnya usia lanjut sebagai kelompok yang kurang produktif, maka beban yang harus ditanggung penduduk usia produktif untuk membiayai kehidupan penduduk yang tidak produktif secara otomatis akan meningkat.(bps.go.id)

Beberapa program bagi lansia pun telah diluncurkan yang bertujuan mengurangi beban ketergantungan lansia pada kelompok usia produktif.

Hal ini bertujuan agar lansia tetap sehat, mandiri dan aktif selama mungkin untuk mendorong pertumbuhan ekonomi selama lansia bekerja.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved