Penyiaran Sebagai Kontrol Sosial

Olehnya itu lembaga penyiaran bertanggung jawab dalam menjaga nilai moral, tata susila, budaya kepribadian, dan kesatuan bangsa.

Editor: Nurhadi Hasbi
ISTIMEWA
Firdaus Abdullah 

Oleh : Firdaus Abdullah
Dewan Pembina Forum Masyarakat Peduli Media (FMPM) Sulawesi Barat

DEMONSTRASI mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya digelar serentak disejumlah daerah di Indonesia tanggal 11 April 2022 lalu memprotes wacana 3 periode atau penundaan pemilu 2024, kenaikan harga BBM, PPN, hingga kelangkaan minyak goreng sentak menarik perhatian seluruh khalayak masyarakat.

Sebab dari selain pemberitaan aksi besar-besaran dari mahasiswa, ada juga pemberita kekerasan yang dialami oleh Ade Armando aktivis media sosial.

Pasca aksi demonstrasi justru aksi kekerasan Ade Armando lebih mendapatkan tempat di banyak pemberitaan media.

Media penyiaran telah menghilangkan subtansi tuntutan demomtrasi yang dilakukan mahasiswa.

Tentu perubahan framing ini dapat mempengaruhi psikologi publik terutama mahasiswa.

Sejatinya program jurnalistik yang menayangkan aksi demontrasi mahasiswa (11/4) ketika tayang dilayar televisi maka hal itu telah memasuki ruang sosial yang begitu luas karna dapat ditonton oleh elemen masyarakat, apalagi ditayangkan di jam-jam produktif yang masuk klasifikasi tontonan Semua Umur (SU).

Terlebih jika tayangan tersebut ditayangkan di jam-jam di mana keluarga sedang berkumpul bersama untuk menonton televisi.

Dikhawatirkan jika konten atau informasi yang disampaikan tidak mendidik, terkesan provokasi, maupun yang mengandung ujaran kebencian maka akan mudah mempengaruhi pandangan khalayak yang menonton.

Olehnya pihak media penyiaran harus mempertimbangkan dampak yang diterima oleh khalayak atas program siarannya. Jangan sampai informasi yang disampaikan oleh media penyiaran justru akan menjadi problem tersendiri bagi masyarakat dalam hal ini psikologi maupun opini masyarakat.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved