BPOM Mamuju Periksa 19 di Pasangkayu, Hasilnya?

BPOM Mamuju datang ke pasar lama Pasangkayu melakukan intensifikasi pengawasan jajanan menu buka puasa sekitar pukul 16.00 Wita.

Penulis: Egi Sugianto | Editor: Nurhadi Hasbi
Tribun-Sulbar.com/Egi Sugianto
Petugas BPOM Mamuju melakukan pengawasan dan pemeriksaan makanan di pasar menu buka puasa di Jalan Andi Depu Kelurahan Pasangkayu, Rabu (6/4/2022). 

TRIBUN-SULBAR.COM, PASANGKAYU – Sedikitnya ada 19 sampe makanan menu buka puasa atau takjil di Pasar lama Pasangkayu diperiksa Petugas Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (6/4/2022).

BPOM Mamuju datang ke pasar lama Pasangkayu melakukan intensifikasi pengawasan jajanan menu buka puasa sekitar pukul 16.00 Wita.

Tim BPOM Mamuju ini, melakukan uji sampel demi memastikan takjil menu buka puasa di daerah ini tidak mengandung bahan berbahaya dan layak konsumsi.

“Untuk di titik pusat penjualan menu buka puasa di Pasangkayu, kami ambil 19 sampel,” jelas Koordinator Substansi Pemeriksaan BPOM Mamuju Sulbar Drs M Hidayat Jusuf Apt MKO di Pasangkayu Rabu sore.

Disampaikan ke-19 sampel itu, akan dilakukan pemeriksaan melalui pengujian yang sudah disiapkan.

Hasilnya akan secepatnya diumumkan ke publik.

“Hasilnya, secepatnya akan kita sampaikan,” jelasnya.

Diketahui tim BPOM Mamuju Sulbar berjumlah 13 orang yang dipimpin langsung oleh Koordinator Substansi Pemeriksaan Drs M Hidayat Jusuf Apt MKO.

“Ini kegiatan rutinitas kita setiap tahun, dimana saat Ramadan kita melakukan pengawasan dan pemeriksaan,” kata M Hidayat Jusuf.

Disampaikan target pemeriksaan sendiri adalah beberapa produk makanan olahan yang dijual oleh pedagang seperti takjil untuk menu buka puasa.

“Selama ramadan ini, kita akan keliling ke setiap kabupaten, dan secara kebetulan pengawasan dan pemeriksaan makanan di bulan puasa ini, kita mulai di Kabupaten Pasangkayu,” jelasnya.

Dikatakan di hari pertama di Pasangkayu ini, sudah ada kue-kue tradisional atau takjil untuk dijadikan sampel pemeriksaan.

“Uji hasil dari sampel yang kita ambil ini, kita harapkan tidak terjadi adanya penambahan bahan-bahan pengawet di dalamnya,” harapnya.

Diketahui Petugas BPOM Mamuju akan berada di Pasangkayu selama 3 hari.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved