Breaking News:

BPJS Kesehatan

Kesadaran Masyarat Mamuju Bayar Iuran BPJS Kesehatan Rendah Hanya 34 Persen

"Padahal untuk pembayaran yang normal itu 100%, jadi sekian orang terdaftar sekian yang bayar iuran, tapi nyatanya hanya 34% saja," ungkapnya

Penulis: Abd Rahman | Editor: Hasrul Rusdi
Tribun-Sulbar.com/Abd Rahman
Suasana di Kantor BPJS Kesehatan, Mamuju, Rabu (11/8/2021). 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU - Badan Penyelenggra Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Kabupaten Mamuju, mengingatkan pentingnya pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Tingkat pembayaran iuran BPJS Kesehatan di komposisi PBPU dan Mandiri sangat rendah tercatat hanya 34% peserta BPJS rutin bayar Iuran.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju, St Umrah Nurdin, mengatakan dari persentase tersebut pembayaran iuran sangat terhitung rendah sekali.

Harusnya kolektabilitas pembayaran untuk peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan peserta Mandiri itu berada di angka 100%.

"Padahal untuk pembayaran yang normal itu 100%, jadi sekian orang terdaftar sekian yang bayar iuran, tapi nyatanya hanya 34% saja," ungkapnya, Rabu (11/8/2021).

Suasana di Kantor BPJS Kesehatan, Mamuju, Rabu (11/8/2021).
Suasana di Kantor BPJS Kesehatan, Mamuju, Rabu (11/8/2021). (Tribun-Sulbar.com/Abd Rahman)

Keinginan masyarakat Mamuju untuk membayar iuran itu sangat rendah bahkan terendah di Sulawesi Barat.

"Mungkin karena pandemi Covid-19 sehingga pembayaran iuran rendah, tapi itukan berlaku dari seluruh Indonesia, namun kalau kita lihat per-Provinsi, Sulbar termasuk yang rendah," bebernya.

Menyikapi hal tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Mamuju menyambut baik komitmen pemerintah daerah yang ingin membantu masyarakat.

"Kita sambut baik program pemkab mamuju, karena ingin membantu masyarakatnya yang mungkin dari peserta PBPU terus mau dialihkan, namun harus melunasi tunggakannya terlebih dahulu," tutupnya. (*)

Laporan Wartawan Tribun-Sulbar.com Abd Rahman

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved