DAFTAR Platform Digital Populer Terancam Diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika

Jika platform digital tidak mendaftar hingga batas waktu yang ditentukan Komuinfo, maka akan disebut ilegal dan selanjutnya diblokir.

Editor: Hasrul Rusdi
Youtube Tribunnews
Daftar Platform Digital Populer Terancam Diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika 

TRIBUN-SULBAR.COM - Kominfo RI akan memblokir platform digital asing yang belum terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Platform digital asing diberikan waktu untuk mendaftar PSE Kementerian Komunikasi dan Informatika Lingkup Privat paling lambat 20 Juli 2022 di laman https://oss.go.id.

Jika platform digital tidak mendaftar hingga batas waktu yang ditentukan Komuinfo, maka akan disebut ilegal dan selanjutnya diblokir.

Adapun pemblokiran ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo No 5 Tahun 2022 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat yang akan berlaku 20 Juli 2020 mendatang.

Baca juga: Vaksin Booster Jadi Aturan Baru Penerbangan di Bandara Tampa Padang Mamuju

Baca juga: Akmal Malik Minta BPKP Lebih Tajam Menguliti Akuntabilitas Pemerintah Daerah di Sulbar

"Apabila PSE tidak melakukan pendaftaran sampai dengan batas akhir pada tanggal 20 Juli 2022, maka PSE yang tidak terdaftar tersebut merupakan PSE ilegal di wilayah yuridiksi Indonesia."

"Dan apabila dikategorikan ilegal bisa dilakukan pemblokiran," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, Senin (27/6/2022).

Platform digital yang Belum Mendaftar

Menurut pantauan Tribunnews.com, sejumlah platform digital populer di Indonesia yang belum mendaftarkan sebagai PSE ke Kominfo di antaranya:

- Google

- Facebook

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved