Opini

Alarm Dini Inflasi di Sulawesi Barat Menjelang Lebaran

Kelompok komoditas lain yang berpotensi naik menjelang Idulfitri adalah pada kelompok transportasi dalam hal ini adalah tiket pesawat.

Editor: Nurhadi Hasbi
dok pribadi penulis
Statistisi Ahli Muda di BPS Provinsi Sulawesi Barat, Eka Khaerandy Oktafianto, S.ST, M.Si 

Oleh: Eka Khaerandy Oktafianto, S.ST, M.Si
Statistisi Muda Pada Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat, belum lama ini telah merilis Berita Resmi Statistik (BRS). Ada beberapa indikator yang dirilis di antaranya adalah kondisi Indeks Harga Konsumen (IHK) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Inflasi.

Dari informasi yang telah dirilis tersebut, berdasarkan hasil pemantauan harga eceran berbagai komoditas barang dan jasa yang dilakukan oleh BPS pada bulan Maret 2022, terjadi inflasi sebesar 0,68 persen atau dengan kata lain terjadi kenaikan IHK dari 109,80 pada bulan Februari menjadi 110,55 pada bulan Maret 2021.

Inflasi sebesar 0,68 persen ini terjadi karena dari 11 kelompok pengeluaran yang diamati, ada 8 kelompok pengeluaran yang memberikan kontribusi inflasi, 2 kelompok pengeluaran memberikan andil deflasi serta ada 1 kelompok pengeluaran yang tidak memberikan andil apa-apa.

Kelompok yang memberikan andil inflasi adalah kelompok transportasi sebesar 0,26 persen, kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,15 persen, kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,12 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,04 persen, kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,04 persen, kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,04 persen,

kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,03 persen dan kelompok kesehatan dengan andil inflasi yang amat kecil dibawah 0,01 persen.

Sementara itu, kelompok pengeluaran yang memberikan andil deflasi di antaranya adalah kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan, serta kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya dengan andil deflasi yang sangat kecil di bawah 0,01 persen.

Sedangkan, kelompok pendidikan tidak mengalami perubahan.

Warning Menjelang Lebaran Idulfitri

Angka inflasi di Sulawesi Barat pada bulan Maret 2022 senilai 0,68, ini merupakan sebuah nilai inflasi yang termasuk tinggi untuk angka inflasi bulanan terutama menjelang bulan suci Ramadan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved