Opini

Ziarah ke Makam Jalaluddin Rumi Sang Sufi Penyebar Ajaran Cinta di Konya

Hampir di semua karyanya, Rumi memperbincangkan tentang keistimewaan cinta dengan berbagai ungkapan metaforis.

Editor: Ilham Mulyawan
Aco Musaddad for Tribun-Sulbar.com
Aco Musaddad, Kabag Humas dan Protokol Polman 

Oleh: DR.Aco Musaddad HM

TRIBUN-SULBAR.COM - CL.Cahen dan Goodwin dalam Historic Cites of the Islamic World menerangkan, Konya mencapai puncak kegemilangannya sejak diperintah Dinasti Seljuk.

Pada abad ke- 13, kota tersebut menjadi pusat peradaban Persia Islam di tengah situasi ancaman serangan bangsa Mongol.

Jalaluddin Rumi (1227-1273 M) kini disemayamkan di Kota Konya bersama kerabat dan pengikutnya yg sebagian besar hidupnya dihabiskan di Kota ini.

Makam ini berada di tengah - tengah Kota Konya. Kota merupakan kota terbesar ke 5 di Turki yang masuk dalam wilayah Propinsi Anatolia. Kota ini merupakan kota yang sangat bersejarah karena pernah menjadi Ibukota Dinasti Saljuk dan kemudian menjadi pusat peradaban Islam Persia sebagai dijelaskan sebelumnya.

Letak Kota Konya tidak jauh dari wilayah Kurdistan, dan dekat dengan perbatasan Turki-Suriah-Irak.

Makam Jalaluddin Rumi di sebuah kompleks Mevlana Museum ( Mevlana adalah sebutan singkat bagi nama Rumi) memasuki kompleks pemakaman ini terasa kita berada pada abad ke XIII karena didukung oleh bangunan arsitektur yang masih terpelihara dengan baik.

Di Kompleks Pemakaman terdapat madrasah yang kemudian diubah menjadi Mevlana Museum Rumi.

Sama halnya kompleks pemakaman para Walisongo di Indonesia yang dijadikan sebagai wisata religi dikunjungi oleh para penziarah dan di sekitar pemakaman dijual souvernir yang berhubungan dengan makam wali tersebut.

Demikian pula Makam Jalaluddin Rumi di sekitar makam sangat mudah ditemukan souvernir maupun buku tentang sang Sufi Jalaluddin Rumi. Memasuki makam diwajibkan pengunjung untuk melapisi sepatu dengan plastik.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved