Breaking News:

BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat dan Factsheet Untuk Vaksin Janssen dan Convidecia

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat terhadap dua vaksin, yaitu Janssen dan Convidecia.

Tangkapan layar Tribunnews
Ilustrasi virus Covid 19 

TRIBUN-SULBAR.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk dua produk vaksi Covid 19 yaitu Janssen Covid 19 Vaccine dan Vaksin Convidecia.

Hal ini lantaran, kedua vaksin tersbut sama-sama membutuhkan kondisi penyimpanan pada suhu khusus, yaitu 2-8 derajat celcius.

Akan tetapi, khusus untuk Janssen Covid 19 Vaccine dapat disimpan dalam suhu -20 derajat celcius.

Seperti yang dikutip dari pom.go.id pada Rabu (8/9/2021), Janssen Covid 19 Vaccine sendiri merupakan produk vaksin yang dikembangkan oleh Janssen Pharmaceutical Companies dengan platform Non-Replicating Viral Vector.

BPOM
Penny K. Lukito, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Vaksin ini didaftarkan oleh PT Integrated Health Indonesia (IHI) sebagai pemegang EUA dan bertanggung jawab untuk penjamin keamanan, khasiat, dan mutu vaksin.

Sedangkan, Vaksin Convidecia sendiri adalah vaksin yang dikembangkan oleh CanSino Biological Inc dan Beijing Institute of Biotechnology.

Sementara itu, PT Bio Farma menjadi menjadi pemegang EUA yang akan bertanggung jawab untuk menjamin keamanan, khasiat, dan mutu vaksin itu sendiri.

Penerbitan izin penggunaan darurat ini sebelumnya sudah melalui pengkajian yang intensif terhadap keamanan, khasiat dan juga mutunya.

"Badan POM selalu berkolaborasi bersama para pakar dalam memastikan pemenuhan standar keamanan, khasiat, dan mutu vaksin," ucap Penny K Lukito, Kepala Badan POM Republik Indonesia.

"Kami melibatkan para pakar di bidang farmakologi, imunologi, klinis, apoteker, epidemologi, virologi, dan biomedik yang tergabung dalam tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Corona Virus Disease 2019, Indonesia Technical Advisory Group (ITAGI), serta asosiasi klinis terkait," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Al Fandy Kurniawan
Editor: Muhammad Husain Sanusi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved