Breaking News:

Kemenkumham Sulbar Berharap Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Majene Bertambah

“Semoga dengan dilaksanakanya kegiatan akan bertambahnya Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kabupaten Majene,” ujaranya.

Ist/Tribun-Sulbar.com
Pembinaan dan Pembentukan desa/kelurahan sadar hukum untuk wilayah Kecamatan Banggae dan Bangge Timur di Kabupaten Majene. 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAJENE - Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Majene, Nadhlah Fattah mengingatkan bahwa pembinaan dan pembentukan Desa/Kelurahan Sadar Hukum bertujuan untuk membangun budaya masyarakat.

Dalam menyadari hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam sikap, prilaku, patuh, dan taat terhadap hukum serta menghormati HAM melalui pembentukan Desa/Kelurahan sadar hukum.

Hal tersebut disampaikan saat membuka pelaksanaan Pembinaan dan Pembentukan desa/kelurahan sadar hukum untuk wilayah Kecamatan Banggae dan Bangge Timur di Kabupaten Majene.

Baca juga: Kemenkumham Sulbar dan Pemkab Polman Duduk Bersama Ciptakan Produk Hukum Berkualitas

Baca juga: Kemenkumham Sulbar Ikut Pidato Kenegaraan via Virtual, Bentuk Adaptasi Sambut Revolusi Industri 4.0

Acara berlangsung di ruang pola Kantor Bupati Majene yang dihadiri oleh kepala subidang bantuan hukum, penyuluh hukum dan staf, para camat dan kepala desa se-kecamatan Bangge dan Banggae Timur, Kamis (26/8/2021).

“Hal ini sangat penting, terutama dalam mewujudkan kondisi tatanan sosial yang lebih teratur, tertib serta aman, karena dengan keasadaran akan hukum yang terus dibangun ditengah masyarakat, iklim kondusif dalam pelakanaan pembangunan akan lebih mudah diwujudkan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala bidang Hukum Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Andi Hermin, saat mewakili Kepala Kantor Wilayah menambahkan bahwa Jumlah Desa/kelurahan sadar hukum di Sulawesi Barat dari tahun 1993 S/D 2021 Sebanyak 57.

Terdiri dari Kabupten Polewali Mandar, 42 Desa/kelurahan, Majene, 8 Desa/Kelurahan, Mamuju, 2 Desa/Kelurahan, Mamuju Tengah, 2 Desa/Kelurahan, Pasangkayu, 3 Desa/Kelurahan, Mamasa, 0 Desa/Kelurahan.

Pembinaan dan Pembentukan desa/kelurahan sadar hukum untuk wilayah Kecamatan Banggae dan Bangge Timur di Kabupaten Majene.
Pembinaan dan Pembentukan desa/kelurahan sadar hukum untuk wilayah Kecamatan Banggae dan Bangge Timur di Kabupaten Majene. (Ist/Tribun-Sulbar.com)

“Semoga dengan dilaksanakanya kegiatan akan bertambahnya Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kabupaten Majene,” ujaranya.

Tak hanya itu, dalam kegiatan yang sama itu materi disampaikan oleh Tim Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Sulbar tentang proses pembentukan desa sadar hukum dan pembentukan keluarga sadar hukum.

“Diharapkan dengan dilakasanakanya kegiatan pembinaan dan pembentukan desa sadar hukum ini maka diharapkan desa/kelurahan sekecamatan banggae dan banggae timur bisa menjadi desa sadar hukum,” kata salah seorang Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Sulbar.(*)

Editor: Hasrul Rusdi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved