Breaking News:

Mamuju Jadi Kota

17 Tahun Mamuju Belum Jadi IbuKota, Politisi PDIP Sulbar Minta Jokowi Cabut Moratorium Pemekaran

Mamuju sudah 17 tahun menyandang sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Barat Namun statusnya masih Kabupaten bersama 3 provinsi lain

courtesy_IG/for TribunSulbar.com
POLITISI PDIP -Sulbar_Abdul_Halim (kedua dari kanan) 2021 

Laporan Wartawan Tribun-Sulbar.com; Habluddin Hambali

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU -  Sudah 17 tahun, Mamuju menjadi ibu kota Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Namun status otonominya masih kabupaten, belum berstatus kota.

Upaya meningkatkan status administratif itu sudah ditempuh pemerintah Mamuju, Sulawesi Barat, dan DPRD, sejak dua dekade terakhir.

Hanya saja, karena pertimbangan keuangan negara, sejak 2019 lalu, pemerintahan Joko Widodo - Ma'ruf Amin, menutup pintu pemekaran dan pembentukan daerah otonomi baru (DOB).

Kebijakan itu dikenal dengan moratorium pemekaran daerah otonomi baru.

Wakil Ketua DPRD Sulbar Abdul Halim (53), Sabtu (10/7/2021) siang, pun mendesak pemerintah pusat segera mencabut kebijakan itu.

"Setelah pandemi Covid-19, sebaiknya moratorium itu segera dicabut lagi," ujar Abdul Halim, politisi PDI Perjuangan ini, kepada Tribun-Sulbar.com.

Moratorium adalah istilah hukum dan tata negara. Asalnya morari yang berarti penundaan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebut ini adalah otorisasi legal untuk menunda pembayaran utang atau kewajiban tertentu selama batas waktu yang ditentukan.

Istilah ini juga sering digunakan untuk mengacu ke waktu penundaan pembayaran itu sendiri, sementara otorisasinya disebut sebagai undang-undang moratorium.

PDIP_Sulbar_Abdul_Halim_2020
PDIP SULBAR - Anggota Fraksi DPRD Sulbar di acara partai, tahun 2020 lalu.
Halaman
1234
Penulis: Habluddin Hambali
Editor: Thamzil Thahir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved