Rahmat Pecahkan Rekor Dunia

Rahmat Erwin Abdullah Pecahkan Rekor Dunia Angkat Besi, Ami: Ini Hasil Kerja Keras dan Disiplin

Ami mengaku kunci keberhasilan sang anak tak lepas dari kedisplinan dan kemauan yang keras.

Editor: Ilham Mulyawan
Tangkapan layar
Rahmat Erwin Abdullah memperlihatkan otot nya usai memecahkan rekor dunia angkat besi pada Kejuaraan angkat Besi di Kolombia pada Sabtu (10/12/2022). 

TRIBUN-SULBAR.COM - Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah berhasil memecahkan rekor dunia, pada Kejuaraan angkat Besi di Kolombia pada Sabtu (10/12/2022).

Rekor dunia yang dibuat Rahmat pada angkatan clean and jerk di kelas 73kg putra Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Gran Carpa Americas Corferias, Bogota, Kolombia, Sabtu pagi hari ini.

Tampil di Grup B, Rahmat Erwin menjadi kuda hitam setelah mengangkat beban seberat 200kg pada angkatan clean and jerk, demikian berdasarkan hasil dari laman IWF.

Baca juga: Angkat Beban 200 Kg, Lifter Rahmat Erwin Abdullah Pecahkan Rekor Dunia Kejuaraan Angkat Besi

Hasil ini memecahkan rekor dunia milik peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 Shi Zhiyong asal China yang pada Kejuaraan Dunia 2019 mencetak 197kg untuk angkatan clean and jerk.

Pencapaian Rahmat ini mengejutkan karena dia bukan unggulan di kelas 73kg putra. Bahkan ditempatkan di Grup B. Namun dia kembali membuktikan diri sebagai lifter yang layak diperhitungkan di kelas ini.

Dia ungguli senegaranya, Juniansyah Rizki yang membukukan total angkatan 347 kilogram. Rincian, 155 kilogram di angkatan snatch dan 192 kilogram di angkatan clean and jerk.

Lalu lifter Kazakhstan, Churkin Alexey meraih medali perunggu. Total angkatan 343 kilogram, rincian, 153 kilogram di snatch dan 343 kilogram di clean and jerk.

Lifter 22 tahun ini bukan kali pertama membuat kejutan. Ketika di Olimpiade Tokyo 2020 dia juga tampil di Grup B. Meski begitu, Erwin sukses meraih medali perunggu di kelas 73kg setelah mengangkat beban total 342kg (152kg snatch dan 190kg clean and jerk).
 
Adapun di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022, Rahmat pada angkatan snatch membukukan 152kg. Hingga berita ini diturunkan persaingan di kelas 73kg putra masih bergulir.

Ibu Rahmat Erwin, Ami Asun Budiono bersyukur sebab pencapaian ini membuat Rahmat Erwin juga mengantongi dua medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022.

“Medali emas di kelas 73 kilogram putra dengan total angkatan 352 kilogram dan medali emas rekor dunia," terangnya.

Ami mengaku kunci keberhasilan sang anak tak lepas dari kedisplinan dan kemauan yang keras.

Ia pun bangga atas prestasi diraih Rahmat Erwin.

“Sangat bangga atas prestasi diraih. Dia (Rahmat Erwin) telah bekerja keras untuk ini dan disiplin demi wujudkan cita-citanya," akunya.

Menurut Menpora Amali juga mengapresiasi prestasi yang diraih Rahmat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved