Persib Bandung

Berkaca dari Tragedi Kanjuruhan, Bos Persib Janji Benahi Penyelenggaraan Laga Kandang di GBLA

Direktur PT PERSIB Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengatakan, hal ini perlu dilakukan, agar memberi rasa aman dan nyaman kepada semua pihak

Editor: Ilham Mulyawan
ist
Direktur PT PERSIB Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono. Berkaca dari Tragedi Kanjuruhan, Bos Persib Janji Benahi Penyelenggaraan Laga Kandang di GBLA 

TRIBUN-SULBAR.COM - Berkaca dari Tragedi Kanjuruhan, manajemen Persib Bandung akan mengevaluasi, dan memperbaiki penyelenggaraan pertandingan kandang.

Direktur PT PERSIB Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengatakan, hal ini perlu dilakukan, agar memberi rasa aman dan nyaman kepada semua pihak, termasuk Bobotoh.

"Pengelolaan pertandingan yang kami terapkan ini belum sempurna. Karena itu, kami terus mengevaluasi penyelenggaraan pertandingan untuk penyempurnaan sistem di berbagai aspek," kata Teddy pada acara Focus Group Discussion (FGD) "Transformasi Persepakbolaan di Tengah Dinamika Fanatisme Suporter" yang diinisiasi Polda Jabar di Grand Pasundan Convention Hotel Bandung, Senin, (10/10/2022) seperti dikutip dari laman klub.

Baca juga: Luis Milla Pelatih Persib Konsisten Latihan Saat Liga Dihentikan, Daisuke Sato Kembali Latihan

Baca juga: Luis Milla Sebut Libut 3 Hari Penting Bagi Pemain Persib Demi Penyegaran Badan dan Pikiran

Dari aspek tiketing, manajemen Persib, lanjut dia, menjual secara online melalui laman PERSIB.co.id dan PERSIBApps.

Penjualan tiket online merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas pelayanan dan kemudahan buat calon penonton.

"Kami berkomitmen untuk konsisten mengutamakan keamanan dan kenyamanan," tambahnya.

Sementara itu, Kapolda Jabar, Irjen Pol. Drs. Suntana. MSi. mengatakan, kepolisian memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan pertandingan sepakbola.

Polda Jabar menyusun aturan itu berdasarkan evaluasi peristiwa yang sebelumnya terjadi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), pada pertandingan Piala Presiden, 17 Juni 2022 lalu.

"Itu Itu hasil kesepakatan semua. Apa yang ditampilkan di dalam FGD itu ada di dalam 106 pasal yang kita rencanakan menjadi SOP bersama," ungkapnya.

Dalam FGD ini hadir juga secara daring, AFC Safety Security Officer dan PFA Safeguardian Committee Chairman, Nugroho Setiawan.

Ia mengatakan, FIFA menyebutkan tiga aspek yang membuat sebuah pertandingan menjadi aman dan nyaman. Menurutnya, apa yang sudah dilakukan PERSIB sudah baik.

"Pertama adalah kesamaan persepsi, infrastruktur stadion dan perilaku suporter. Yang pertama, saya sudah dengar dari Pak Teddy dan sudah berjalan dengan baik juga dari Polda Jabar yang bahkan menyiapkan 106 pasal. PERSIB juga sudah sangat baik dalam berkoordinasi dengan Polda Jabar dan juga pihak-pihak lain, termasuk suporter," dalam paparanya.

Tagar SalingSupport

I Made Wirawan sangat mendukung gerakan #SalingSupport yang digagas PERSIB. Menurut kiper bernomor punggung 15 itu, gerakan #SalingSupport bisa menjadi langkah awal sebagai sarana perbaikan persepakbolaaan Indonesia.

Made pun merasa senang karena PERSIB yang dibelanya dalam satu dekade ini menjadi salah satu penggagas gerakan perbaikan persepakbolaan Indonesia.

Kiper Persib Bandung I Made Wirawan dirumorkan sedang didekati oleh PSIS Semarang, klub yang hendak bertanding di Liga 1 2022. Bobotoh meminta I Made Wirawan tetap di Persib sampai pensiun.
Kiper Persib Bandung I Made Wirawan dirumorkan sedang didekati oleh PSIS Semarang, klub yang hendak bertanding di Liga 1 2022. Bobotoh meminta I Made Wirawan tetap di Persib sampai pensiun. (IG I Made Wirawan)

“Mudah-mudahan ini menjadi titik awal untuk semua aspek agar bersatu. Dengan diawali gerakan #SalingSupport ini, saya harap tidak ada lagi kekerasan dan korban dalam sepakbola di Indonesia,” ujar Made, Senin 10 Oktober 2022.

Berkaca dari tragedi di Kanjuruhan, Malang beberapa waktu lalu, Made tak ingin kejadian serupa terulang kembali. Made pun berharap jika mimpi perdamaian antarsuporter bisa terwujud.

“Saya ingin di momen ini semua pendukung sepakbola di Indonesia bisa saling support. Kita harus saling support dan bersatu untuk sepakbola Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved