Liga 1

Persis vs PSM: Bernardo Tavares Ikhlas Juku Eja Kalah dari Laskar Sambernyawa, Tapi Ada Syaratnya!

Bernardo Tavares selaku pelatih PSm mengaku ikhlas jika Juku Eja kalah untuk pertama kali di tangan Persis asal wasit bertindak adil.

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Nurhadi Hasbi
KOMPAS.com/Suci Rahayu
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares berdiskusi dengan asistennya saat pertandingan melawan Arema FC pada babak penyisihan grup D Piala Presiden 2022 yang berakhir dengan skor 0-1 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang, Sabtu (11/6/2022) malam. 

TRIBUN-SULBAR.COM - Bernardi Tavares selaku pelatih PSM mengaku ikhlas jika anak asuhnya menelan kekalahan untuk pertama kalinya di Liga 1 musim 2022/2023 ketika bersua dengan Persis di Stadion Manahan, Solo.

Bernardo Tavares mengaku siap menjadi korban Persis selanjutnya dan catatan kebal kalah berakhir asalkan satu syarat berikut bisa terpenuhi.

"Saya hanya ingin jika nanti PSM Makassar kalah itu karena lawan yang bermain baik dibandingkan kami tanpa pertolongan dari wasit," kata Bernardo Tavares.

PSM sendiri adalah tim satu-satunya di Liga 1 musim 2022/2023 yang belum tersentuh kekalahan hingga pekan ke 10.

Pada pekan ke 11, PSM bakal berkunjung ke markas Persis di Stadion Manahan, Solo.

Persis sensiri dikenal sebagai tim pembunuh klub-klub rakasa Liga 1 musim 2022/2023.

PSM Makassar mengunci urutan pertama klasemen Grup H Piala AFC 2022. Juku Eja dijadwalkan menjamu Kedah FC di kandang Bali United, Stadion Kapten I Wayan Dipta, hari ini, Selasa (9/8/2022).
PSM Makassar mengunci urutan pertama klasemen Grup H Piala AFC 2022. Juku Eja dijadwalkan menjamu Kedah FC di kandang Bali United, Stadion Kapten I Wayan Dipta, hari ini, Selasa (9/8/2022). (Tribun Timur)

Baca juga: Persis vs PSM: Kokoh di Lini Belakang, Yuran Fernandes Bikin Was-was Laskar Sambernyawa

Baca juga: Persis vs PSM: Juku Eja Kehilangan 4 Pemain Pilar, Tanpa Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta

Maduran United pernah merasakan pahitnya tersungkur di markas Persis.

Bertanding di Stadion Manahan, Solo pasa pekan keenam Liga Inggris musim 2022/2023, Persis sukses menumbangkan Madura United dengan skor 1-0.

Bahkan, jawara Liga 2 musim lalu itu berhasil menaklukkan penguasa kompetisi sepak bola Tanah Air pada dua edisi terakhir, yakni Bali United dengan skor meyakinkan 2-0.

Antisipasi Faktor "X" di Persis

Bernardo Tavares menyebut sangat mengantisipasi faktor "X" ketika PSM melawat ke kandang Persis pada pekan ke 11 Liga 1 musim 2022/2023.

Bernardo Tavares menilai satu-satunya kubu yang dapat mengalahkan dan menghancurkan permainan PSM ialah kinerja pengadil lapangan.

"Satu-satunya ketakutan terbesar saya ialah wasit. Saya datang ke sini (Indonesia) sebagai pelatih PSM Makassar bukan untuk menganalisa kinerja mereka."

"Namun maaf saja, setiap saya menganalisa setiap laga sebelumnya, kami dipaksa menghargai aturan berbeda yang tidak pernah didapatkan lawan," bebernya.

Sekadar informasi, Bernardo Tavares yang menjalani musim perdananya bersama PSM sangat frontal dan konsisten menyuarakan kinerja buruk wasit Liga 1 musim 2022/2023.

"Tentu saja ini sama halnya ketika melihat orang lain menendang anakmu berkali-kali."

"Kamu harus angkat suara agar tak membiarkan anakmu terus mendapat perlakuan berbeda dari orang lain," tandasnya.

Namun, kebiasaan Bernardo Tavares tersebut justru membuatnya diganjar kartu kuning pertama selama karier kepelatihannya yang diberikan oleh wasit Heru Cahyono saat melawan Arema FC pada pekan kelima Liga 1 musim 2022/2023.

(Tribun-Sulbar.com/Al Fandy Kurniawan)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved