Seleksi Panwascam

Ratusan Warga Daftar Panwascam Mamuju, Dapat Informasi dari WA

Tim seleksi Panwascam Bawaslu Mamuju Tirta mengatakan, hingga siang ini calon panwascam yang mendaftar sudah mencapai 167 orang.

Penulis: Zuhaji | Editor: Munawwarah Ahmad
Tribun Sulbar / Zuhaji
Panitia penerima berkas calon panwascam memverifikasi kelengkapan pendaftar di kantor Bawaslu Mamuju, Jl Umar Dar, Eks Wisma Paulle, Kelurahan Rimuku, Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (27/9/2022). 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU - Hari ini hari terakhir pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se- Kabupaten Mamuju, Selasa (27/9/2022).

Pendaftaran Panwascam Mamuju berlangsung di kantor Bawaslu Mamuju, Jl Umar Dar, Eks Wisma Paulle, Kelurahan Rimuku, Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) sejak 21-27 September 2022.

Tim seleksi Panwascam Bawaslu Mamuju Tirta mengatakan, hingga siang ini calon panwascam yang mendaftar sudah mencapai 167 orang.

"Ini masih akan bertambah, kita tutup sore nanti, pukul 17.00 WITA," ujarnya dalam live streaming bersama TribunSulbar.com, Selasa (27/9/2022).

Panitia memverifikasi berkas mulai dari surat lamaran, daftar riwayat hidup, surat pernyataan, ijazah, keterangan kesehatan, dan tentu saja KTP.

Salah seorang pendaftar, Kasman warga Kecamatan Tapalang mengaku mendapatkan informasi dari group Whatsapp.

"Ini pertama kali saya mendaftar, dan informasinya dishare oleh teman," ujar Kasman usai mendaftarkan diri sebagai calon Panwascam Tapalang.

Sementara itu, Fajar wirausahawan yang juga ikut mendaftar menuturkan persyaratan dari Bawaslu Mamuju cukup bisa untuk dipenuhi dan tidak mempersulit pendaftar.

"Saya dapat dari website, dan sosmed, relevan dan mudah diakses," katanya.

Berdasarkan data panitia per tanggal 26 September 2022, jumlah pendaftar mencapai 150 orang yang terdiri dari 114 laki-laki dan 36 perempuan.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Bawaslu Mamuju Muhammad Imran Pathurrahman mengatakan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon pendaftar Panwascam setidak-tidaknya berusia minimal 25 tahun.

“Kita sudah mulai tahap sosialisasi sejak 15-21 September 2022, baik melalui media sosial Bawaslu Mamuju, maupun turun langsung kesetiaan kecamatan," kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, Bawaslu Mamuju, Jl Umar Dar, Kelurahan Rimuku, Mamuju, Sulbar, Rabu (21/9/2022).

Pihaknya bahkan membuka diskusi terkait perekrutan dan persyaratan-persyaratan Panwascam.

"Dan selanjutnya, hari ini tepatnya Rabu, kita sudah mulai menerima berkas calon Panwascam," ujar Imran.

Calon pendaftar tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 tahun pada saat mendaftar.

Selain berkas-berkas secara umum mulai dari foto copy KTP, pas foto berwarna merah, foto copy ijazah dan surat keterangan sehat, pendaftar harus mengirimkan surat lamaran disertai dengan surat pernyataan, daftar riwayat hidup dan surat izin atasan langsung bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Semua persyaratan dan formulir berkas administrasi serta keterangan lebih lanjut bisa dilihat di sosmed atau media center Bawaslu Kabupaten Mamuju,” pungkasnya. (*)

Laporan Wartawan Tribunsulbar.com Zuhaji

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved