Gempa Sulbar

Gempa Bumi Dini Hari, Warga Mamuju Tengah Rasakan Dua Kali dengan Durasi Gempa 3 Detik

Aco mengatakan, bahkan getaran yang dirasakan sebanyak dua kali dengan durasi 3 detik ketika gempa dini hari itu terjadi

Penulis: Samsul Bachri | Editor: Ilham Mulyawan
samsul Bachri/Tribun-Sulbar.com
Anri salah satu warga Desa Tabolang yang merasakan getaran gempa 4,5 di Mamuju Tengah, Senin (26/9/2022) dini hari pukul 03.45 Wita 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU TENGAH - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 mengguncang Kabupaten Mamuju Tengah, Senin (26/9/2022) dini hari pukul 03.43 WITA.

Gempa bumi terletak pada koordinat 1.94 LS dan 118.90 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 67 km Barat Laut Mamuju Tengah - Sulawesi Barat (Sulbar) pada kedalaman 19 km.

Getaran gempa tersebut dirasakan sejumlah warga di Mamuju Tengah.

Salah satunya Anri, warga Desa Tabolang Kecamatan Topoyo, Mamuju Tengah mengaku merasakan getaran gempa.

"Tapi tidak terlalu terasa ji getarannya pak, " Ujar Anri saat ditemui di Jl. Trans Sulawesi, Topoyo, Senin (26/9/2022).

Hal yang sama dirasakan Aco, salah satu anggota Tim Reaksi cepat BPBD Mamuju Tengah.

Ia katakan, bahkan getaran yang dirasakan sebanyak dua kali dengan durasi 3 detik.

"Sekitar jam tiga lewat pak, dua kali terasa, " Tuturnya.

Sementara sebagian warga tidak merasakan getaran.

"Tidak rasa saya pak, mungkin pas tidur terlelap, " Ujar salah satu pengendara yang melintas di Jl. Trans Sulawesi, Topoyo, Mamuju Tengah, Minggu (26/9/2022).

Diberitakan sebelumnya, gempa bumi tektonik magnitudo 4.5 kembali mengguncang wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) Senin (26/9/2022) dini hari pukul 03.43 WITA.

Hasil analisis yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa bumi tersebut berpusat di Kabupaten Mamuju Tengah.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.94 LS dan 118.90 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 67 km Barat Laut Mamuju Tengah - Sulawesi Barat pada kedalaman 19 km.

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, menunjukkan bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved