Berita Seleb

Pemerintah Korsel Galau Tentukan Status Wajib Militer BTS, Kok Bisa?

Pemerintah Korea Selatan melalui Menteri Pertahanan, Lee Jong Sup direncanakan akan melakukan survei apakah BTS bisa pengecualian wajib militer

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Ilham Mulyawan
Twitter @bts_bighit
BTS dijadwalkan gelar konser di Busan World Expo 2030. Pemerintah korsel masih bingung menentukan status Wajib Militer BTS 

TRIBUN-SULBAR.COM - Boygrup kenamaan asal Korea Selatan, yaitu BTS tengah diterpa isu mengenai wajib militer.

Pasalnya, anggota mereka yang tertua, yakni Jin bakal memasuki usia 30 tahun pada Desember 2022 mendatang.

Sesuai dengan aturan yang ada di Korea Selatan, maka sudah seharusya Jin menjalani wajib militernya.

Dikutip dari The Guardian pada Kamis (1/9/2022), Lee Jong Sup selaku Menteri Pertahanan Korea Selatan menyampaikan kepada anggota parlemen apabila ia memerintahkan para pejabat untuk melakukan survei publik guna menentukan, apakah BTS bisa mendapatkan pengecualian wajib militer.

Suervei ini dilakukan sebagai salah satu faktor yang akan menentukan status militer anggota BTS.

WASHINGTON, DC - 31 MEI: V, Jungkook, Jimin, Suga, RM, Jin, dan J-Hope dari grup pop Korea Selatan BTS berbicara pada konferensi pers harian di Gedung Putih pada 31 Mei 2022 di Washington, DC. BTS bertemu dengan Presiden AS Joe Biden untuk membahas inklusi dan representasi Asia, dan untuk membahas peningkatan kejahatan kebencian anti-Asia baru-baru ini.
WASHINGTON, DC - 31 MEI: V, Jungkook, Jimin, Suga, RM, Jin, dan J-Hope dari grup pop Korea Selatan BTS berbicara pada konferensi pers harian di Gedung Putih pada 31 Mei 2022 di Washington, DC. BTS bertemu dengan Presiden AS Joe Biden untuk membahas inklusi dan representasi Asia, dan untuk membahas peningkatan kejahatan kebencian anti-Asia baru-baru ini. (AFP/KEVIN DIETSCH)

Baca juga: Konser Gratis BTS 15 Oktober, Hanya 100 Ribu Orang, Kok Penggemar Enggan Datang?

Baca juga: BTS Puncaki Reputasi Merek Model Iklan Bulan Agustus, Kalahkan Yoo Jae Suk Si MC Nasional

Lee Jong Sup juga mengungkapkan jika kementeriannya juga bakal melihat sejumlah faktor lain, seperti dampak ekonomi BTS, pentingnya dinas militer dan kepentingan nasional secara keseluruhan.

Secara hukum, smua pria berbadan sehat di Korea Selatan harus menjalani wajib militer selama 18-21 bulan di bawah sistem wajib militer.

Sistem ini dbentuk untuk meghadapi ancaman dari Korea Utara.

Akan tetapi, negara memberikan pengecualia kepada atlet, pemusik klasik, modern dan tradisional serta para penari yang dianggap telah mengangkat nama negara.

Mereka yang dikecualikan dari wajib militer, tetap harus menjalani pelatihan dasar selama tiga minggu.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved