Tambang Emas Ilegal

2 Orang Jadi Tersangka Tambang Emas Ilegal di Sangajo Mamuju Tengah, Dititip di Rutan Mamuju

masing-masing tersangka inisial NR (35) sebagai operator dan Ay (19) sebagai penggung jawab lapangan tambang emas ilegal di Mamuju Tengah.

Penulis: Abd Rahman | Editor: Munawwarah Ahmad
Tribun Sulbar / Syamsul Bachri
Lokasi tambang emas di Desa Sanjango, Kecamatan Karossa, Mamuju Tengah digrebek personil gabungan, Rabu (27/7/2022) kemarin. 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU - Pos Gakkum Mamuju Seksi Wilayah II Palu, Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Wilayah Sulawesi, menetapkan dua orang tersangka dalam kasus tambang emas ilegal di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar).

Dua orang tersangka tersebut masing-masing inisial NR (35) sebagai operator dan Ay (19) sebagai penggung jawab lapangan tambang emas ilegal di Mamuju Tengah.

Tersangka diamankan di lokasi tambang emas ilegal  saat melakukan operasi penambangan di Mamuju Tengah, di Desa Sanjago, Mamuju, Rabu (27/7/2022) kemarin.

Kini dua tersangka berada di Pos Gakkum Mamuju Seksi Wilayah II Palu, Jl Cut Nyak Dien, Kelurahan Karema, Mamuju.

Rencananya, ke dua tersangka akan dititip di Rutan kelas IIB Mamuju untuk menjalani hukuman.

"Sementara ini dua orang yang kami tetapkan tersangkan dan akan dititip di Rutan Kelas IIB Mamuju," kata kepala Unit (Kanit) Penyidikan Pos Gakkum Mamuju, Indra L Marundu, saat ditemui Tribun-Sulbar.com, di Pos Gakkum Mamuju, Jl Cut Nyak Dien, Mamuju, Jumat (29/7/2022).

Dia mengatakan, tersangka sudah melakukan operasi tambang emas ilegal selama satu bulan dan sudah berhasil menambang emas.

Kata dia, menurut dari keterangan bagian logistik sudah menghasilkan 20 gram sampai 45 gram emas per harinya.

"Mereka kadang dapat kadang juga tidak ada dia dapat," terangnya.

Dari perbuatan tersangka, dikenakan pasal 78 Jounto 17 Undang-undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang pertembangan ilegal.

Diketahui, Tim gabungan yang ikut melakukan penggerebekan, yakni, Kasi Perlindungan Sulbar, Suardi Samad, Kasi Kamnagtibum Dishut Sulbar, Muh. Agung, Danpos Gakkum Mamuju, Hibertus, Kanit Ops. Gakkum Seksi wilayah 2 Sulbar-Sulteng.

Dari Krimsus Polda Sulbar, Ipda Supratman dan Briptu Sunardi, sedangkan dari Korem 142/Tatag yakni, Serda Taufik Harunja dan Koptu Samsud.(*)

Laporan Wartawan Tribun-Sulbar.com Abd Rahman

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved