Berita Polman

Bule Amerika Senang Bisa Lepas Tukik ke Laut di Pantai Mampie Polman

Pelepasan tukik ini baru pertama kali diikuti Jimmy bersama dengan warga negara asing lainnya yang hadir dalam acara tersebut.

Penulis: Hasan Basri | Editor: Munawwarah Ahmad
Tribun Sulbar / Hasan Basri
Turis asing ikut melepaskan tukik atau bayi penyu ke laut di Pantai Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Selasa (14/6/2022). 

TRIBUN-SULBAR.COM, POLMAN - Puluhan turis asing ikut melepaskan tukik atau bayi penyu ke laut di Pantai Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Selasa (14/6/2022)

Pelepasan tukik merupakan salah  satu dari rangkaian Festival Penyu Mampie 2022. Seorang warga negara Amerika, Jimmy menyampaikan sangat senang ikut hadir dalam festival Penyu di Pantai Mampie.

Pelepasan tukik ini baru pertama kali diikuti Jimmy bersama dengan warga negara asing lainnya yang hadir dalam acara tersebut.

"Saya sangat senang karena kita di Eropa atau Amerika tidak punya kesempatan begini. Saya ucapkan banyak terimakasih karena bisa hadir, " ucap Jimmy kepada wartawan di Pantai Mampie.

Sementara Ketua Sahabat Penyu, Yusri menyampaikan, total  yang dilepas hari ini sekitar 320 anak penyu.

"Sebenarnya masih banyak, tapi kita lepas secara bertahap karena mengingat jumlah pengunjung hadir banyak, " kata Yusri.

Peserta yang hadir dalam acara Festival ini tidak hanya dari Polewali Mandar, tetapi luar daerah, bahkan beberapa warga negara asing turut berpartisipasi.

"Bukan hanya dari Amerika, tetapi ada beberapa negara lainnya. Mereka hadir semata mata untuk berpartisipasi mensukseskan Festival Penyu, " ujarnya.

Festival Penyu 2022 ini merupakan event tahunan yang dilaksanakan oleh Sahabat Penyu sebagai ajang kampanye lingkungan.

Khususnya pelestarian penyu dan promosi wisata edukasi. Pasalnya, keberadaan penyu saat ini terancam punah dan minimnya pengetahuan warga soal penyu,

Sehingga angka perburuan penyu,telur dan sisiknya masih marak terjadi di beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Sulawesi Barat.

Menurutnya, Festival Penyu bertujuan untuk kampanye pelestarian penyu dan isu lingkungan lainnya.

Selain pelepasan tukik, juga dirangkaikan dengan lomba perahu nelayan.

Ada juga kemah konservasi,  bincang lintas komunitas,  lomba menggambar anak tk/SD, serta beberapa kegiatan pendukung lainnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved