Breaking News:

Dosen Unhas Kembangkan Microgreens, Sayuran Mungil Kaya Nutrisi Zaman Now

Sayuran microgreens memiliki kandungan zak bioaktif dan nutrisi penting, di antaranya vitamin A, C, E, K, betakaroten, mineral, dan antioksidan.

Ist/TribunSulbar.com
Sayuran microgreens 

Laporan Dosen Fakultas Pertanian Unhas, Ir Abdul Mollah Jaya SP MSi

Mungkin kita sering mendengar istilah urban lifestyle atau gaya hidup perkotaan.

Mereka yang hidup di perkotaan sering menghabiskan waktu di restoran, coffee baar atau warkop dan cafe milenial yang menjamur di sudut-sudut kota.

Masyarakat perkotaan saat ini semakin popular dengan gaya hidup sehat, aktif dan berdaya.

Menkonsumsi makanan sehat semakin tren dan menjadi pilihan banyak orang sebagai gaya hidup sehat kekinian.

Trend Sehat Dengan Sayuran Microgreens: inilah tagline dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) yang sedang mengembangkan budidaya sayuran sehat dengan teknik microgreens.

Sayuran microgreens
Sayuran microgreens (Ist/TribunSulbar.com)

Dengan bermodalkan talang-talang kecil Abdul Mollah Jaya bersama mahasiswanya dari Departemen Agronomi Fakultas Pertanian Unhas melakukan kegiatan budidaya microgreens brokoli.

Melalui pendanaan internal LPPM Unhas pada skim Penelitian Dosen Penasehat Akademik (PDPA) tahun 2021 ini, aktivitas riset yang dijalankannya menggunakan media organik yang mudah diperoleh dimana saja yakni cocopeat, rockwoll dan arang sekam dengan memberikan suplemen zat perangsang tumbuh alami berupa air ekstrak touge dan air kelapa. 

Saat ini Sayuran microgreens semakin digemari banyak orang seiring berkembangnya tren makanan sehat, terutama masyarakat di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, termasuk Makassar.

Jenis sayuran ini ukurannya mungil dan sehat karena dipanen sangat muda dengan kisaran umur 7-21 hari, bahkan umumnya sudah bisa dipanen saat umur 7-14 hari.

Halaman
12
Editor: Hasrul Rusdi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved