Berita Sulbar

Hadiri HUT ke-61 Desa Batetangnga, Akmal Sampaikan Pentingnya DPP agar Pembangunan Tepat Sasaran

Akmal Malik mengaku kehadiran di Batetangnga atas panggilan secara pribadi dari seorang sahabat, Prof Husain Syam.

Editor: Nurhadi Hasbi
HUMAS PEMPROV SULBAR
Pj. Gubernur Sulbar Akmal Malik menghadiri HUT Desa Batetangnga ke 61 Tahun, di Kantor Desa Batetangnga Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman, Minggu 15 Januari 2023 malam. 

TRIBUN-SULBAR.COM, POLMAN - Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik menghadiri HUT Desa Batetangnga ke 61 Tahun, di Kantor Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman, Minggu (15/1/2023) malam.

Sejumlah tokoh turut hadir pada acara tersebut, salah satunya putra daerah Batetangnga, Rektor UNM, Prof Husain Syam.

Hadir pula anggota DPRD Sulbar, sejumlah kepala OPD lingkup pemprov Sulbar, anggota DPRD Polman, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda serta warga Desa Batetangnga.

Akmal Malik mengaku kehadiran di Batetangnga atas panggilan secara pribadi dari seorang sahabat, Prof Husain Syam.

"Beliau sahabat saya. Beliau sangat amat baik sekali. Beliau teman diskusi luar biasa, dan saya tidak menyangka bisa hadir di tempat lahirnya orang-orang hebat," ujar Akmal.

Pada kesempatan itu, Akmal menyampaikan saat mendapatkan tugas sebagai PJ Gubernur Sulbar, maka hal pertama yang ia cari adalah data.

Sebab itulah, program pertama yang menjadi prioritasnya adalah program Data Desa Presisi (DDP).

Data kata dia, akan membuat pembangunan daerah tepat sasaran dan transparan.

"Pentingnya data untuk menjadi dasar membangun daerah. Jangan ada dusta di antara kita jika ingin membangun daerah ini," ujar Akmal.

Demikian di Desa Batetangnga, masih banyak usai produktif di Batetangnga dan itu menjadi potensi ke depan.

"Data penting agar dana bisa tepat sasaran. Memimpin harus disertai data. Saya melihat daerah ini sangat potensi. Gunakan DDP untuk membangun Desa Batetangnga lebih baik lagi, gunakan dana terbatas ini agar bisa tepat sasaran, kuncinya data," tegas Akmal.

Tokoh Masyarakat Batetangnga, Prof Husai Syam menyampaikan, dengan kehadiran PJ Gubernur Sulbar menjadi momen terbaik dalam memajukan Desa Batetangnga.

"Ini menjadi spirit bagi masyarakat Desa Batetangnga untuk terus berkolaborasi memajukan Desa Batetangnga," ungkapnya.

Ia pun memperkenalkan Desa Batetangnga adalah desa yang religius dan telah banyak lahir guru agama dari Batetangnga.
Oleh sebab itu, Rektor UNM ini selalu mendorong peningkatan SDM di Batetangnga.

"Tidak ada lagi rumah yang tidak ada sarjananyanya. Saya selalu tekankan tidak boleh ada anak-anak di Batetangnga yang tidak mengenyam pendidikan. Kalau tidak ada biaya saya kasi beasiswa. Itulah fungsi saya sebagai pendahulu menjadi bagian dari daerah ini," kata Prof Husain.

"Kita ingin mengembangkan SDM yang ada di Desa Batetangnga agar anak-anak kita bisa memberikan sesuatu kepada masyarakat nantinya. Pendidikan adalah harga mati. Pendidikan suatu esensi yang tidak boleh tidak kita lakukan untuk menciptakan SDM Indonesia yang unggul," tambahnya.

Kepala Desa Batetangnga Sumaila Damang menyampaikan ucapan terima kasih, utamanya kepada PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik dan Rektor UNM telah menghadiri acara HUT Batetangnga.

Sumaila memaparkan, program serta potensi Desa Batetangnga, mulai dari sektor pertanian, perkebunan, Hortikultura, Pariwisata alam yang tercatat mencapai 2.000 pengunjung per pekan, Sektor UMKM, pendidikan termasuk pendidikan pengajian.

"Desa kami ini mempunyai beberapa pesantren. Pasantren di desa kami sudah pernah mewakili Sulbar ke kanca nasional," ungkapnya. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved