Pendaftaran DPD RI

BREAKING NEWS: 12 Bakal Calon DPD RI Wakil Sulbar Belum Penuhi Syarat Berkas Dukungan

Ketua KPU Sulbar Rustang mengatakan pleno tahapan verifikasi melibatkan bakal calon DPD RI atau Liaison Officer (LO).

Penulis: Habluddin Hambali | Editor: Munawwarah Ahmad
Tribun Sulbar / Hablu Hambali
Ketua KPU Sulbar Rustang saat ditemui di depan kantor Bawaslu Sulbar Jl Yos Sudarso, Kecamatan Mamuju, Mamuju, Sulbar, Senin (16/1/2023). 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulbar laksanakan pleno tahapan administrasi verifikasi dukungan pemilih bakal calom DPD RI.

Pleno dilaksanakan di kantor KPU Sulbar Jl Soekarno Hatta, Kecamatan Mamuju, Mamuju, Sulbar, Minggu (15/1/2023) malam hingga dini hari.

Ketua KPU Sulbar Rustang mengatakan pleno tahapan verifikasi melibatkan bakal calon DPD RI atau Liaison Officer (LO).

"Kita pastikan dari 23 bakal calon DPD RI, hanya 11 memenuhi syarat," kata Rustang saat ditemui di depan kantor Bawaslu Sulbar Jl Yos Sudarso, Kecamatan Mamuju, Mamuju, Sulbar, Senin (16/1/2023).

Sementara, ada 12 bakal calon DPD RI belum memenuhi syarat (BMS) berkas dukungan pemilihnya yang dimasukkan di Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Bagi, bakal calon DPD RI belum memenuhi syarat masih diberikan waktu memperbaiki sejak tanggal 16 sampai 22 Januari 2023.

"Habis itu baru penyerahan perbaikan. Baru direkap lagi dan yang memenuhi itu baru masuk tahap selanjutnya," ungkap Rustang.

Setelah itu, masuk proses verifikasi faktual bagi yang memenuhi syarat.

Inilah proses verifikasi faktual cukup seriua untuk diperhatikan.

"Kemarin ini kita temukan ada data ganda, ada juga tandatangan dukungan pemilih bermasalah, hingga ada perkara nama yang berbeda," bebernya.

Dia berharap yang masuk belum memenuhi syarat memperhatikan pasal 49 dan 50 PKPU nomor 10 tentang kesesuaian dokumen dukungan yang diserahkan ke KPU Sulbar.

Termasuk, yang dimasukkan di Silon karena jika ada selisi pasti akan belum memenuhi syarat.(*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved