Pemilu 2024

Membludak, Hari Ketiga Pendaftar PPS Pemilu 2024 di Majene Sudah Capai 607 Orang

Tiga hari sejak pendaftaran dibuka, KPU Majene telah menerima 607 orang pendaftar lewat online melalui situs siakba.kpu.go.id.

Penulis: Hasan Basri | Editor: Nurhadi Hasbi
ist/Tribun-Sulbar.com
Kantor KPU Majene di Kelurahan Totoli, Kecamatan Banggae. 

TRIBUN - SULBAR.COM, MAJENE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majene, Sulawesi Barat telah membuka pendaftaran calon panitia pemungutan suara (PPS) pemilu 2024.

Pendaftaran dibuka selama sepuluh hari mulai tanggal 18 hingga 27 Desember 2022 mendatang

Tiga hari sejak pendaftaran dibuka, KPU Majene telah menerima 607 orang pendaftar lewat online melalui situs siakba.kpu.go.id.

"Sekarang sudah 607 orang," kata Komisioner KPU Majene, Munawarah Syam kepada tribun, Rabu (21/12/2022) .

Menurut perempuan berjilbab ini meski jumlah pendaftar ini cukup tinggi, namun pendaftaran masih dibuka untuk memenuhi dua kali dari kebutuhan.

Sementara kuota PPS pada pemilu di Majene sebanyak 246 yang akan disebar di 82 desa atau kelurahan bdi Majene.

PPS bertugas akan mengurus setiap tahapan pemilu ditingkat kelurahan atau desa.

Ada syarat yang ditentukan untuk menjadi peserta PPS, salah satunya adalah pendaftar harus sudah berusia 17 tahun.

Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur, adil. Tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah,

Atau sekurang kurangnya lima tahun tidak menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari partai politik bersangkutan.

"Bagi pendaftar yang diketahui dicatut namanya parpol, bisa mendaftar dengan syarat melampirkan surat keterangan dari pengurus parpol bahwa bukan anggota parpol," sebutnya.

Pendaftar harus berdomisili di wilayah kerja PPS. Mampu secara jasmani,rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkoba. Berpendidikan paling rendah SMA dan sederajat.

Kemudian pendaftar tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap,karena melakukan tindakpidana yang diancam pidana penjara lima tahun atau lebih.(san)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved