Prakiraan Cuaca

Puncak Musim Hujan Oktober hingga Desember, 4 Imbauan BMKG

Penjabat Gubernur Akmal Malik mengungkapkan memasuki musim hujan di wilayah Sulawesi Barat saat ini perlu dipersiapkan kebencanaan sejak awal.

Penulis: Habluddin Hambali | Editor: Munawwarah Ahmad
Tribun Sulbar / Hablu Hambali
Kepala Stasiun Meteorologi Tampa Padang Mamuju Agus (tengah), Agus saat pres rilis lewat zoom meeting, Selasa (11/10/2022). 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulbar mengeluarkan empat rekomendasi ke pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi musim hujan.

Puncak musim hujan dibagi menjadi dua.

Pertama, tahun 2022 puncak musim hujan diperkirakan mulai Oktober, November dan Desember.

Sedangkan, tahun 2023 mendatang puncaknya ada di bulan Mei dan Juni.

"Kewaspadaan terhadap terjadinya banjir dan longsor di beberapa daerah mesti diantisipasi sejak dini," kata Kepala Stasiun Meteorologi Tampa Padang Mamuju Agus, saat pres rilis lewat zoom meeting, Selasa (11/10/2022).

Hujan lebat di daerah Martadinata Mamuju, Selasa 11 Oktober 2022
Hujan lebat di daerah Martadinata Mamuju, Selasa 11 Oktober 2022 (Tribun Sulbar)

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Akmal Malik mengungkapkan memasuki musim hujan di wilayah Sulawesi Barat saat ini perlu dipersiapkan kebencanaan sejak awal.

Apalagi, masuknya musim hujan sering kali terdapat banjir hingga longsor beberapa wilayah di Sulbar.

"Kegiatan ini sangat penting bagi seluruh instansi di Sulbar dan masyarakat, apalagi selama ini terjadi alomali cuaca ekstrem. Jadi kita mengantisipasi dan melakukan langkah-langkah upaya pencegahan kebencanaan," kata Pj Gubernur Akmal Malik, saat membuka acara lewat zoom meeting, Selasa (11/10/2022).

Sementara itu, setiap informasi diberikan BMKG harus dicermati agar bisa terus mendorong masing-masing instansi mengantisipasi sejak awal bencana.

LONGSOR di Majene Daerah Lalattedzong Leppangan Tutup Jalan Trans Sulawesi
LONGSOR di Majene Daerah Lalattedzong Leppangan Tutup Jalan Trans Sulawesi (Budi Mansur)

Mulai, dari TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Pemerintah kabupaten di Sulbar.

"Kita harus berkolaborasi, karena itulah bisa menyelesaikan masalah," ucapnya.

Adapun, empat rekomendasi BMKG memasuki musim hujan 2022 diantaranya:

1. BMKG menghimbau seluruh mitra kelembagaan pemerintah dan stakeholder serta masyarakat Sulawesi Barat untuk tetap mewaspadai wilayah-wilayah yang akan mengalami musim hujan dan puncak musim hujan.

2. Perlunya peningkatan kewaspadaan dan antisipasi dini pada wilayah yang diprediksi akan mengalami musim hujan atas normal (Lebih basah dari normalnya).

3. Menghadapi puncak musim hujan 2022/2023 di bulan November 2022 hingga Juni 2023, perlu diwaspadai wilayah yang rentan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.

4. Sektor transportasi udara dan sektor transportasi laut diharapkan lebih mewaspadai perubahan cuaca secara tiba-tiba saat puncak musim penghujanan hal ini berkaitan dengan distribusi, stok ketersediaan barang dan pangan.(*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved