Kemenkumham Sulbar

Kemenkumham Dorong UMKM Sulbar Terlindungi Hak Kekayaan Intelektual

Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka mendorong pelaku UMKM untuk mendapatkan hak atas kekayaan intelektual (HAKI)

Editor: Ilham Mulyawan
Kemenkumham Sulbar
Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Barat, menggandeng Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, melaksanakan Sosialisasi HAKI Pemberdayaan dan Perlindungan KUKM di Hotel Grand Maleo Mamuju, Kamis (6/10/2022). 

TRIBUN-SULBAR.COM - Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Barat, menggandeng Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, melaksanakan Sosialisasi HAKI Pemberdayaan dan Perlindungan KUKM di Hotel Grand Maleo Mamuju, Kamis (6/10/2022).

Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka mendorong pelaku UMKM untuk mendapatkan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) atau sering juga disebut hak kekayaan intelektual (HKI)

Dalam kesempatannya, saat mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Faisol Ali, Kabid Pelayanan Hukum, Abdullah menyampaikan penyelenggraan kegiatan ini juga sebagai bagian dari implementasi kerjasama antara Disdagkoperin Prov Sulbar dengan Kantor Wilayah dibidang Kekayaan Intelektual khususnya dalam meningkatkan pemahaman, perlindungan dan pemberdayaan UKM melalui pemanfaatan KI.

“HKI mempunyai sejumlah fungsi yang sangat penting bagi pelaku usaha mikro, sebagai perlindungan hukum bagi pencipta karya tersebut, mendorong semangat kreativitas, mendorong inovasi, sebagai instrumen optimalisasi Bisnis UMKM (Legalitas, Image Building, dan Asset Usaha) dan mencegah terjadinya pelanggaran karya HKI," ujarnya.

Ia menilai, masih banyaknya pelaku UMKM di Sulawesi Barat yang belum mendaftarkan merek dagangnya dikarenakan terbatasnya permodalan dan minimnya pemahaman akan manfaat pendaftaran merek bagi industri UMKM.

Dalam kegiatan yang sama itu, Tim KI Kantor Wilayah membuka pelayanan dan konsultasi langsung terkait permohonan kekayaan intelektual.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved