Kasus Korupsi

Korupsi Sewa Excavator, Mantan Kadis Kelautan dan Perikanan Pasangkayu Ditangkap di Yogyakarta

Sebelumnya, Abbas ditahan di Rutan Pasangkayu dan sempat masuk tahap kasasi dilakukan oleh Jaksa Penuntut Umum sehingga sempat dikeluarkan.

Editor: Nurhadi Hasbi
Egi Sugianto/Tribun-Sulbar.com
Mantan Kadis Kelautan dan Perikanan Pasangkayu, dihadirkan saat konferensi Pers di Kejari Pasangkayu, Selasa (4/10/2022). 

TRIBUN-SULBAR.COM, PASANGKAYU – Terpidana kasus korupsi perkara sewa excavator tahun 2017–2018 di Kabupaten Pasangkayu, H Abbas bin H. Huseng sudah ditangkap.

Mantan Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan (KP) Pasangkayu itu, ditangkap oleh Tim Tangkap Buronan Kejaksaan Agung (Tabur Kejagung) di Jalan Madumurti Nomor 33, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Penangkapan di Yogyakarta pada Minggu, 2 Oktober 2022, kemudian dilakukan serah terima di Jakarta, Dari Kejaksaan Agung ke Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat, kemudian ke Kejari Pasangkayu,” kata Kepala Kejari Pasangkayu, Muchsin, SH,MH, saat dilakukan Konferensi pers di Pasangkayu, Selasa (4/10/2022) petang.

Sebelumnya, Abbas ditahan di Rutan Pasangkayu dan sempat masuk tahap kasasi dilakukan oleh Jaksa Penuntut Umum sehingga sempat dikeluarkan.

Kepala Kejari Pasangkayu, Muchsin, menyatakan kejaksaan sudah melakukan pemanggilan sebanyak tiga kali di bulan September- Oktober 2021, tapi terpidana memilih lari sehingga terpidana dinyatakan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Abbas merupakan terpidana berdasarkan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 914 K/ Pid.Sus/2022 tanggal 17 Maret 2022.

Dia dinyatakan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah.

Oleh karenanya, terpidana dijatuhi pidana penjara selama 5 tahun serta pidana denda sebesar Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan.(*)

Laporan Wartawan Tribun-Sulbar.com Egi Sugianto

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved