PSM Makassar

Bernardo Tavares Ngamuk! Gebrak Meja Minta Liga 1 Sediakan VAR!

Pelatih PSM, Bernardo Tavares lagi-lagi mengkritik kinerja wasit di Liga 1 musim 2022/2023 yang tak becus memimpin jalannya laga Persis vs PSM.

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Nurhadi Hasbi
KOMPAS.com/Suci Rahayu
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares berdiskusi dengan asistennya saat pertandingan melawan Arema FC pada babak penyisihan grup D Piala Presiden 2022 yang berakhir dengan skor 0-1 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang, Sabtu (11/6/2022) malam. Bernardo Tavares Ngamuk! Gebrak Meja Minta Liga 1 Sediakan VAR! 

TRIBUN-SULBAR.COM - Bernardi Tavares selaku pelatih PSM Makassar lagi-lagi menyoroti kinerja wasit di pentas Liga 1, divisi tertinggi Liga Indonesia musim 2022/2023.

Bernardo Tavares kembali melontarkan kritik tajam terhadap kinerja wasit di Liga 1 musim 2022/2023 usai berkarirnya laga Persis vs PSM pada Kamis (29/9/2022).

Ia bahkan sampai menggebrak meja saat konferensi pers karena geram dengan kinerja wasit di Liga 1 musim 2022/2023.

"Jujur, saya tak suka mengomentari wasit."

"Kalaupun tim saya kalah, saya akan akui kalah asalkan fair dan hanya ada dua tim yang bertanding," kata Bernardo Tavares dikutip dari laman resmi PSM pada Jumat (30/9/2022).

Kritik tajam yang dilontarkan oleh Bernardo Tavares ditengarai karena pada injury time babak kedua, laga mendapat tambahan empat menit.

Striker asing PSM Makassar Everton Nascimento berusaha melewati adangan dua pemain Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 2022/2023 pekan ke-11, di Stadion Manahan, Solo, Kamis (29/9/2022). Pertandingan kedua kesebelasan berakhir imbang 1-1
Striker asing PSM Makassar Everton Nascimento berusaha melewati adangan dua pemain Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 2022/2023 pekan ke-11, di Stadion Manahan, Solo, Kamis (29/9/2022). Pertandingan kedua kesebelasan berakhir imbang 1-1 (Tribunnews)

Baca juga: PSM Peroleh Hasil Imbang di Kandang Persis Solo, Juku Eja Gagal Kudeta Madura United, Rekor Bertahan

Baca juga: Persis vs PSM: Juku Eja Tak Pernah Kalah vs Laskar Sambernyawa Si Keras yang Pandai Bertahan

Akan tetapi, wasit tetap memberikan kesempatan tendangan bebas untuk tuan rumah saat tambahan waktu sudah berakhir.

"Kalau ini PSM, wasit akan meniup peluit."

"Sepak bola Indonesia membutuhkan VAR dan kualitas wasit-wasit baik. Sepak bola Indonesia layak mendapatkan suguhan lebih baik dari ini," bebernya.

Kerap Kritik Wasit

Bernardo Tavares tak sekali dua kali melontarkan kritikan atas kinerja wasit.

Sebelumnya, Bernardo Tavares menyebut kartu merah di pentas Asia, Piala AFC 2022, setara dengan kartu kuning atau bahkan pelanggaran biasa di Liga 1.

Tepatnya saat PSM Makassar mendapat dua kartu merah pada ajang Piala AFC Zona ASEAN melawan Kedah Darul Aman, Selasa (9/8/2022).

Dalam laga itu, PSM mendapatkan kartu merah yakni Yuran Fernandes pada menit ke 62 dan Agung Mannan menit ke 90+8.

Keduanya mendapat kartu merah lewat dua kartu kuning.

Menurutnya, kualitas wasit Indonesia berpengaruh besar kepada kebiasaan pemain di lapangan.

"Kalau di Liga 1, dua pelanggaran kami itu (di Piala AFC) adalah pelanggaran biasa yang tidak akan mendapat kartu kuning," tukasnya.

(Tribun-Sulbar.com/Al Fandy Kurniawan)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved