OPINI

WAJIB Tahu Batas Waktu Penggunaan Obat Setelah Kemasan Dibuka, Bahaya Mengintai Jika Abai

Hal ini dapat menimbulkan beban kesehatan lain seperti resistensi obat, timbulnya efek samping, interaksi obat bahkan berujung sampai kematian.

Editor: Ilham Mulyawan
Apt. Hilyah Fadhilah Al Hamdani, S. Farm
Apt. Hilyah Fadhilah Al Hamdani, S. Farm 

Oleh: Apt. Hilyah Fadhilah Al Hamdani, S. Farm
(Tenaga Kefarmasian Puskesmas Campalagian Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat)

TRIBUN-SULBAR.COM - Pada skala rumah tangga, persentase penyimpanan obat masih cukup tinggi.

Masyarakat pada umumnya menyimpan obat untuk keperluan mengobati diri sendiri atau menggunakan obat tanpa resep dokter dan pengawasan terapi dari petugas kesehatan.

Aktivitas seperti ini biasa dikenal dengan istilah swamedikasi.

Namun, bukannya sembuh dari penyakit yang didapatkan, pada pelaksanaan yang tidak tepat justru akan merugikan pengguna obat dengan tujuan swamedikasi tersebut.

Hal ini dapat menimbulkan beban kesehatan lain seperti resistensi obat, timbulnya efek samping, interaksi obat bahkan berujung sampai kematian.

Tentunya, kadaluwarsa (Expired Date) obat adalah suatu ihwal yang telah kita ketahui bersama. Namun, apakah kita mengetahui bahwa ada tenggat waktu batas penggunaan produk obat setelah kemasan dibuka, meskipun belum mencapai masa kadaluwarsa yang ditetapkan dari pabrikan?

Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan 35,2 persen rumah tangga di Indonesia yang menyimpan obat untuk swamedikasi.

Dalam penelitian yang dilakukan Devi Ristian, Octavia, dkk terkait Pengetahuan Masyarakat tentang Penggunaan dan Pengelolaan Obat yang Rasional Melalui Penyuluhan DAGUSIBU (2020) menemukan bahwa penyebab paling umum terjadinya kesalahan pengobatan atau medication error yang dapat memengaruhi hasil kesehatan pasien adalah salah dalam menafsirkan petunjuk label obat.

Medication error sendiri menurutnya telah menyebabkan Tujuh Ribu lebih kematian pertahun. Kesalahan yang sering kali terjadi di masyarakat salah satunya adalah penggunaan obat yang tidak sesuai dengan petunjuk Beyond Use Date (BUD).

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved