Berita Mamuju Tengah

Banyak Lansia di Mamuju Tengah Tinggal Sebatang Kara, Ini yang Dilakukan Dinas Sosial

Ia mengatakan persoalan yang biasa dihadapi adalah lansia itu sendiri yang bersikukuh ingin tinggal menyendiri.

Penulis: Samsul Bachri | Editor: Nurhadi Hasbi
Tribun-Sulbar.com/Samsul Bachri
Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial (Rehsos) Dinas Sosial (Dinsos) Mamuju Tengah, Hasnidar saat ditemui di kantornya, Jl. Jenderal Sudirman,Topoyo, Mamuju Tengah, Jumat (23/9/2022). 

TRIBUN-SULBAR. COM, MAMUJU TENGAH - Masa tua atau masa lanjut usia merupakan salah satu tahapan akhir dalam kehidupan yang akan dilalui setiap individu.

Pada tahapan akhir ini lansia akan mengalami penurunan fungsi tubuhnya sehingga memunculkan masalah fisik, mental dan sosial.

Permasalahan yang timbul akibat penurunan fungsi tubuh pada lansia ini menyebabkan lansia mulai kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari hari.

Dalam kondisi ini membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun beberapa Lansia di Mamuju Tengah lebih memilih tinggal sendiri atau sebatang kara.

Seperti lansia di Desa Lembah Hopo dan Desa Tobadak, dua lansia berusia sekitar 70 tahun ini lebih memilih menyendiri ketimbang tinggal bersama sanak keluarga.

Meski diketahui, mereka masih memiliki sanak keluarga, bahkan anak kandung.

Namun memilih tinggal sendiri dengan alasan tidak ingin merepotkan atau ingin menikmati hari tua dengan tenang tanpa kebisingan.

Menyikapi hal ini, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial (Rehsos) Dinas Sosial Mamuju Tengah, Hasnidar tak menampik adanya hal seperti itu.

"Memang ada beberapa di Mamuju Tengah ini dan itu sudah menjadi perhatian kami, " ungkap Hasnidar saat ditemui di kantor Dinas Sosial, Jl. Jenderal Sudirman,Topoyo,Mamuju Tengah, Jumat (23/9/2022).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved