HUT Sulbar

HUT Sulbar 18, Rapi Daerah 34 Menyapa Indonesia

Tak terkecuali bagi komunitas penggiat radio komunikasi, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah 34 Provinsi Sulawesi Barat.

Editor: Nurhadi Hasbi
RAPI Sulbar
Pengurus RAPI Daerah 34 Sulbar bertemu Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU-Jelang puncak Hari Ulang Tahun ke-18 Sulawesi Barat menarik antusias banyak pihak untuk berpartisipasi dalam menyemarakkan hari lahir provinsi ke 33 di Indonesia ini.

Tak terkecuali bagi komunitas penggiat radio komunikasi, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah 34 Provinsi Sulawesi Barat.

Tak tanggung-tanggung komunitas hobi ini bakal menggelar kegiatan berskala nasional.

Hal tersebut disampaikan Ketua RAPI Daerah 34 Sulawesi Barat, Muhammad Fadlan usai bertandang ke kediaman Gubernur Sulawesi Barat, Simboro Mamuju pada Jumat (16/9) siang.

“Jadi rencananya kegiatan ini akan dipusatkan di ibukota Sulawesi Barat, Kabupaten Mamuju yang akan melibatkan pegiat radio komunikasi dan tergabung dalam komunitas RAPI se Indonesia,” ungkapnya.

Bukan tanpa alasan, menurutnya kegiatan ini awalnya hanya akan digelar pada tingkat lokal saja.

Namun dengan adanya dukungan dari berbagai pihak sehingga membuat dirinya bersama jajaran pengurus RAPI Sulawesi Barat termotivasi untuk menggelar kegiatan yang cakupannya lebih luas.

“Awalnya kita hanya akan menggelar kegiatan ini yang cukup menjangkau sahabat-sahabat RAPI yang ada di Sulawesi Barat. Namun setelah melihat antusias anggota di tingkat daerah dan wilayah serta dengan adanya dukungan dari berbagai pihak termasuk Bapak Gubernur tadi juga menyampaikan hal serupa memberi dukungan positif. Kemudian kita musyawarahkan dan diamini hingga ke tingkat pengurus nasional RAPI akhirnya kita bismillah,” ucapnya.

Lebih lanjut, Fadlan menuturkan optimismenya mengawal RAPI merupakan bagian dari upaya untuk memberi kontribusi positif terhadap laju pembangunan di daerah.

“Insya Allah ini bagian dari ikhtiar baik kita. Bukan hanya menggelar seremoni untuk keluarga besar RAPI tapi ini juga semoga membawa manfaat positif bagi masyarakat Sulawesi Barat. Artinya RAPI hadir pada momentum puncak HUT Sulbar dengan harapan dari Sulbar RAPI hadir menyapa Indonesia. Sulbar hadir dan jaya di udara,” ujarnya.

Olehnya untuk menyukseskan kegiatan tersebut, selain mempersiapkan sejumlah hal teknis, Fadlan juga membeberkan detail agenda yang akan digelar oleh RAPI Daerah 34 Sulawesi Barat.

“Jadi nanti kegiatan RAPI itu ada namanya Special Net. Di sana akan ada semacam transaksi informasi dari daerah mana saja. Kalau dalam tradisi pegiat radio komunikasi menyebut pertukaran report. Dari situ kita akan mengetahui dari provinsi atau daerah mana saja yang memberi atensi terhadap hari jadi Sulawesi Barat yang ke 18 tahun,” urainya.

Sekretaris RAPI Daerah Sulbar, Asrul menambahkan secara teknis kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada dua frekuensi.

“Ada dua frekuensi yang kita gunakan. Pertama di frekuensi HF 11 Meter Band dan yang kedua di frekuensi VHF 2 Meter Band. Masing-masing di 27.4050 Mhz dan 143.580 Mhz,” bebernya.(*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved