Sanggar Binaan Dispar Sulbar, Sukses Tampilkan Tarian Passandeq di F8, Buat Penonton Terpukau

Sanggar Bambamanurung binaan Dinas Pariwisata Sulbar sukses membawakan tarian Passandeq di acara Makassar.

Tribun Sulbar / Ist
Salah satu tim sanggar Bambamanurung membawa pisang saat tampil di F8 di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulsel, Sabtu (10/9/2022).(Ist) 

TRIBUN-SULBAR.COM - Sanggar Bambamanurung binaan Dinas Pariwisata Sulbar sukses membawakan tarian Passandeq di acara Makassar International Eight Festival dan Forum atau F8 di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulsel, Sabtu (10/9/2022).

Bahkan, para penonton F8 terpukau tarian Passandeq dibawakan sanggar Bambamanurung Mamuju.

Mereka sengaja membawakan tarian Passandeq sebagai wujud pelestarian budaya Sulbar.

Apalagi, sedang berlangsung juga baru-baru Festival Sandeq 2022 di Sulbar.

"Jadi memang ini bentuk kepedulian dalam melestarikan budaya Sulbar melalui tarian," kata Kadispar Sulbar Farid Wajdi, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (11/9/20202).

Sandeq ini bukan hanya dilihat ketangguhan dan ketangkasannya di lautan.

Tapi, Sandeq bisa dilihat juga lewat karya lain seperti karya tarian dibawakan Sanggar Bambamanurung.

"Sandeq itu perpaduan dari gunung dan pesisir pantai. Kayu Sandeq itu diambil dari gunung dan dibuatnya di pesisir pantai. Jadi Sandeq memiliki makna kebudayaan yang ada di Sulbar," ungkap Farid.

Senada, Kepala Bidang Ekonomo Kreatif dan Pengendalian Industri Pariwisata Dispar Sulbar Andi Saiful Rauf mengungkapkan ke depan akan lebih giat lagi berkarya untuk mengangkat dan memperkenalkan budaya lokal Sulbar.

Mengangkatnya, kata Andi Saiful melalaui gerak dan tari.

"Karena salah satu media yang cepat dan gampang dicernah adalah melalui karya tari. Melalui tari kita gampang menyampaikan pesan terhadap para penonton," ucap Andi Saiful.

Sehingga budaya kearifan lokal Sulbar cepat terekspos.

Selain itu, ini juga merupakan tanggungjawab moril bersama terhadap daerah dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai kearifan lokal.

"Hari ini kami mengangkat cerita Passandeq pada Ajang F8 karena event ini merupakan event Internasional sehingga sangat tepat untuk promosi daerah," tandasnya.(*)

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved