Harga BBM Naik

Ketua KAHMI Sulbar Soal Kenaikan Harga BBM: Kondisi Ekonomi Global Berefek ke Indonesia

Kata dia, perang tersebut tidak hanya berdampak ke Indonesia. Negara kepulauan terbesar di dunia ini,hanya sebagai kecil dari negara terdampak lainnya

Penulis: Zuhaji | Editor: Nurhadi Hasbi
Tribun-Sulbar.com/Abd Rahman
Ketua Presidium KAHMI Sulbar Muh Jamil Barambangi. 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU - Mencermati keresahan masyarakat atas naiknya harga BBM bersubsidi.

Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni HMI (Kahmi) Sulbar tidak dalam posisi menolak ataupun mendukung kebijakan pemerintah.

"Kondisi ekonomi global berefek ke Indonesia, salah satunya perang Rusia-Ukraina," ujar Ketua MW Kahmi Sulbar, Jamil Barambangi, kepada Tribun-Sulbar.com, Sabtu (10/9/2022).

Kata dia, perang tersebut tidak hanya berdampak ke Indonesia. Negara kepulauan terbesar di dunia ini, hanya sebagai kecil dari negara terdampak lainnya.

Hanya saja menurut Jamil, para pengambil kebijakan harusnya dapat memperhitungkan berbagai aspek.

Pemerintah bisa memberi penanda untuk membedakan mana warga yang layak dan mana warga yang tidak berhak menerima BBM bersubsidi.

"Yang perlu difikirkan, bagaimana subsidi tetap untuk masyarakat menengah ke bawah harganya beda dengan yang mampu," tutup Jamil.

Sebelumnya, Jamil menilai keputusan pemerintah terhadap kenaikan harga BBM subsidi justru berefek terhadap rakyat kecil tidak terkecuali masyarakat Sulawesi Barat (Sulbar).

Lanjut, Jamil mengatakan sejak dulu BBM sudah mahal hanya saja pemerintah mensubsidi harga guna meringankan beban kalangan menengah ke bawah.

"Sekarang dialihkan menjadi misalnya Bantuan Langsung Tunai (BLT)," ujarnya.

Dia berharap, pemerintah dapat mengkaji ulang kebijakan tersebut agar lebih tepat sasaran karena BLT sebesar Rp150 ribu setiap bulannya dirasa tidak akan menutupi kebutuhan BBM masyarakat. (*)

Laporan Wartawan TribunSulbar.com Zuhaji

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved