Festival Sandeq 2022

Dukung IKN, Akmal Serahkan Air Suci dari Masjid Lapeo ke Wali Kota Balikpapan di Penyambutan Sandeq

Penyerahan simbolis itu disaksikan oleh ratusan masyarakat Balikpapan di Pantai Manggar Segar Sari pada acara penyambutan peserta Festival Sandeq 2022

Penulis: Abd Rahman | Editor: Nurhadi Hasbi
Tribun-Sulbar.com/Abd Rahman
Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik saat menyerahkan air suci dari Masjid Nurut Taubah Lapeo ke Wali Kota Balikpapan Rahamd Mas'ud, di Pantai Manggar di kegiatan penyambutan sandeq, Rabu (7/9/2022). 

TRIBUN-SULBAR.COM,MAMUJU - Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik dan enam bupati di Sulbar menyerahkan air suci kepada pemerintah Kalimatan Timur dan pemerintah Kota Balikpapan, Rabu (7/9/2022).

Air suci dari Masjid Nuruttaubah Lapeo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar) langsung diberikan ke Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud.

Penyerahan simbolis itu disaksikan oleh ratusan masyarakat Balikpapan di Pantai Manggar Segar Sari pada acara penyambutan peserta Festival Sandeq 2022.

Air suci tersebut ditaro di dalam panci yang terbuat dari tanah liat.

Air suci dari Lapeo itu diberikan sebagai simbol Sulbar mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Dirjen Otonomi Daerah (Otoda) Kemendagri menambahkan, seserahan di acara penyambutan sandeq ini juga mewakili gubernur dari 34 provinsi di Indonesia.

"Seserahan ini kita berikan sebagai bentuk dukungan percepatan pembangunan IKN di Kaltim," tutur Akmal Malik.

Akmal menuturkan, Sandeq adalah mahakarya maritim Indonesia dari tanah Sulbar yang tidak dimiliki negara lain.

"Jadi sangat disayangkan jika mahakarya ini berhenti begitu saja. Sandeq ini mencerminkan banyak hal, sandeq itu tajam kecil tapi nyali sangat besar," kata Akmal.

Akmal berharap, filosopi sandeq bisa menjadi karakter masyarakat provinsi ke-33 Indonesia tersebut dalam kehidupan sehari-hari.(*)

Laporan Wartawan Tribun-Sulbar.com Abd Rahman

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved