Manfaatkan Lahan Pekarangan, PKK Desa Sinabatta Sulap Tanah 7x15 Meter Jadi Kebun Sayur dan Toga

Lahan seluas 7x15 meter ini ditanami berbagai jenis sayuran, seperti bayam, kangkung, sawi, kacang panjang, timun serta berbagai jenis sayuran lainnya

Penulis: Samsul Bachri | Editor: Nurhadi Hasbi
Tribun-Sulbar.com/Samsul Bachri
Lahan pekarangan seluar 7x15 meter di sulap PKK Desa Sinabatta, Kecamatan Topoyo, Mamuju Tengah, menjadi kebun sayur dan tanaman obat keluarga. 

TRIBUN-SULBAR.COM, MAMUJU TENGAH - Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Sinabatta, Kecamatan Topoyo, Mamuju Tengah, manfaatkan lahan kosong jadi kebun sayuran.

Tak hanya sayuran di kebun ceria PKK Desa Sinabatta ini juga ditanami berbagai macam tanaman obat keluarga (Toga).

Lahan seluas 7x15 meter ini ditanami berbagai jenis sayuran, seperti bayam, kangkung, sawi, kacang panjang, timun serta berbagai jenis sayuran lainnya.

Sementara untuk tanaman obat, ada kencur, temulawak, serta berbagai macam jenis jahe.

Kepala Desa Sinabatta, Jamaluddin mengatakan kegiatan kebun PKK di Desa Sinabatta merupakan contoh pemanfaatan lahan kosong atau pekarangan rumah.

"Pada dasarnya ini adalah contoh kepada warga, bagaimana sebenarnya kita bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumah, " Ungkap Jamaluddin saat ditemui di kebun ceria PKK Desa Sinabatta, Sabtu (3/9/2022).

"Itu tujuan dasarnya, lahan kosong atau pekarangan rumah dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis sayuran serta tanaman obat dan tak harus memiliki lahan khusus," sambungnya.

Selain itu, lanjut Jamaluddin hasil dari kebun ceria PKK ini diperuntukkan untuk masyarakat, terutama dalam mengatasi anak kurang gizi atau stunting.

Selain itu juga, jika ada hasil dari kebun ceria PKK Desa Sinabatta ini di jual, sebagian hasilnya uangnya masuk PAD desa sebagian pula diperuntukkan untuk pengembangan kebun.

"Adapun hasilnya nanti, ketika ada penjualan, disamping masuk PAD desa, itu kembali kami belikan bibit sehingga kegiatan kebun PKK ini bisa terus berkelanjutan, " bebernya.

Lebih lanjut ia katakan, tanaman yang dikembangkan di kebun ceria PKK ini adalah jenis tanaman yang merupakan kebutuhan sehari-hari.

"Harapan kami ke depan, kegiatan kebun PKK ini dapat terus berkelanjutan serta lahan-lahan pekarangan warga Desa Sinabatta dapat dihijaukan dengan tanaman sayuran dan toga, " pungkasnya.(*)

Laporan wartawan Tribun-Sukbar.com Samsul Bahri

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved