Berita Polman

Riset Tentang Kakao, Perempuan Asal Campalagian Sukses Raih Gelar Doktor di Unhas

Ujian akhir disertasi Rahmaniah berlangsung Jumat 26 Agustus 2022 di kampus Unhas, Tamalanrea, Makassar.

Penulis: Hasan Basri | Editor: Munawwarah Ahmad
Rahmaniah
Doktor Rahmaniah bersama orang tuanya usai ujian di Unhas. 

TRIBUN-SULBAR.COM, POLMAN - Rahmaniah, perempuan asal Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, sukses meraih gelar doktor di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Dosen Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Sulawesi Barat ini berhasil menyelesaikan pendidikan doctoral di Unhas dengan riset tentang Kakao.

"Alhamdulillah atas doa dan dukungan orang tua, para dosen di Unhas, pimpinan dan rekan sejawat dosen di Unsulbar, saya bisa menuntaskan perjuangan ini," kata Dr. Rahmaniah dengan suara terharu, (28/8/2022) dalam pesan rilisnya.

Rahmaniah yang merupakan alumni SMA Negeri 1 Campalagian , sejak starata-1 (S-1), S-2 hingga S-3 terus konsisten meneliti pengembangan Kakao.

Ujian akhir disertasi Rahmaniah berlangsung Jumat 26 Agustus 2022 di kampus Unhas, Tamalanrea, Makassar.

Rahmaniah mampu menjelaskan dengan baik disertasinya yang berjudul "Model Pasar inklusif dalam pengembangan kakao berkelanjutan di kabupaten Polewali Mandar".

Dalam disertasinya, Dr. Rahmaniah memaparkan hasil risetnya tentang tantangan peningkatan kesejateraan para petani Kakao di Polewali Mandar

Salah satunya adalah petani belum mendapatkan harga jual maksimal buah kakao.

Dr. Rahmaniah menyampaikan gagasan peningkatan kesejahteraan petani melalui model pasar inklusif yang secara konkret adalah dengan mendekatkan petani ke pasar.

Ia mengemukakan, bila petani Kakao dapat mengakses pasar lebih mudah, lebih dekat, maka harga Kakao yang diharapkan maksimal dapat tercapai.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved