Liga Inggris

Siapa Jim Ratclife? Calon Pembeli Man United Usai Cuitan Twitter Elon Musk

Jim Retcliffe seorang miliarder asal Inggris siap beli Manchester United usai cuitan Twitter Elon Musk

Penulis: Al Fandy Kurniawan | Editor: Ilham Mulyawan
AFP/VALERY HACHE
Jim Ratcliffe, chairman Grup Ineos, menyuarakan keinginannya untuk mengambil alih kepemilikan Manchester United dari keluarga Glazer. 

TRIBUN-SULBAR.COM - Jim Ratcliffe mengutarakan keinginannya untuk membeli Manchester United (MU) dari keluarga Macolm Glazer, apabila terbuka kesempatan.

Keinginan Jim Ratcliffe untuk membeli Man United muncul seusai keluarga Glazer mengumumkan untuk menjual sebagian kecil kepemilikannya di Setan Merah.

Jim Ratcliffe pun tak malu-malu untuk menyuarakan ketertarikannya terhadap Man United.

Terlebih lagi, Jim Ratcliffe ingin membeli Man United apabila ada kemungkinan menjadi pemilik penuh Setan Merah dan tak hanya sebagai pemegang saham minoritas.

"Jika hal seperti itu memungkinkan, kami akan tertarik untuk berbicara dengan pandangan untuk kepemilikan jangka panjang."

Para pemilik Manchester United, Joel dan Avram (kiri) Glazer, berbicara jelang laga leg pertama perempat final Liga Champions antara Man United dan Barcelona di Old Trafford, Manchester, pada 10 April 2019
Para pemilik Manchester United, Joel dan Avram (kiri) Glazer, berbicara jelang laga leg pertama perempat final Liga Champions antara Man United dan Barcelona di Old Trafford, Manchester, pada 10 April 2019 (AFP/OLI SCARFF)

Baca juga: Keluarga Glazer Siap Jual Sebagian Saham Man United, Cari Investor Baru

Baca juga: Gegara Man United Kalah dari Brentford, Seorang Fans di Zimbabwe Tewas Dibacok karena Berdebat

"Ini bukan soal uang yang telah ia belanjakan atau tidak, Jim ingin melihat apa yang bisa dilakukan sekarang dan, melihat betapa penting klub ini ke kota Manchester, sepertinya sekarang saat tepat untuk sebuah mulai ulang," kata juru bicara Jim Ratcliffe dikutip dari Sky Sports pada Jumat (19/8/2022).

Jim Ratcliffe sendiri berusaha terjun ke Liga Inggris sebelum ini dengan upayanya membeli Chelsea pada akhir Mei lalu.

Ketika itu, ia masuk pada momen-momen akhir penjualan klub dengan tawaran 4,25 milair pound yang terbukti tidak berhasil.

Profil Jim Ratcliffe

Dikutip dari Goal International pada Jumat (19/8/2022), Sir James Arthur Ratcliffe adalah seorang miliarder yang lahir pada 18 Oktober 1952 dan telah mendirikan grup Ineos, suatu perusahaan kimia raksasa yang memiliki perputaran uang mencapai 44 miliar pound, pada tahun 1998.

Jim Ratcliffe menjabat sebagai CEO dan Chairman perusahaan yang ia kini miliki sebayak dua sepertiga bagian tersebut.

Ia adalah fans berat Man United sejak kecil. Sebab, Jim Ratcliffe lahir di Failsworth, sebuah area yang berada di Greater Manchester.

Kekayaan dimiliki oleh Jim Ratcliffe diaksir mencapai 7,12 miliar dolar atau setara dengan 104 triliun rupiah.

Ratcliffe sudah berkecimpung di dunia olahraga sebelum ini dengan menjadi pemilik klub Ligue 1 Nice, kubu Liga Swiss FC Lausanne-Sport, dan klub sepeda Ineos Grenaders.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved