HUT Kemerdekaan

Meriahkan HUT RI ke-77, Lanal Mamuju Kibarkan Bendera Merah Putih di Laut Pulau Karampuang

Komandan Lanal (Danlanal) Mamuju, Letkol Marinir A Temmy Irawan mengatakan, pengiran bendera pada kedalaman lima hingga sepuluh meter di bawah laut.

Editor: Ilham Mulyawan
ist
Bendera merah putih dikibarkan di dalam laut Pulau Karampuang 

 

TRIBUN-SULBAR.COM - Memeriahkan HUT RI ke-77, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Mamuju mengibarkan Merah Putih di bawah laut Pulau Karampuang, Rabu (17/08/2022).

Pengibaran bendera itu dalam rangka peringatakan HUT ke-77 RI yang dilaksanakan serentak di 77 titik se Indonesia.

Pengibaran diawali dengan penyerahan Bendera Merah Putih dari Komandan Kapal Angkatan Laut (Dan Kal) Manakarra, Kapten Laut (P) Untung Uripto kepada Perwira Staf Operasi (Pasops) Lanal Mamuju, Lettu Laut (P) Heru Sutopo.

Kemudian bendera itu dibawa dari dermaga Lanal Mamuju menuju laut Pulau Karampuang.

Komandan Lanal (Danlanal) Mamuju, Letkol Marinir A Temmy Irawan mengatakan, pengiran bendera pada kedalaman lima hingga sepuluh meter di bawah laut.

Itu merupakan perintah dari Kepala Staf Angkatal Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL.

"Agar memeriahkan HUT ke-77 RI dan menguatkan semangat nasionalisme secara serentak untuk menggelar upacara dan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut," kata Temmy dikutip dari rilis yang diterima.

Temmy menjelaskan, pengibaran bendera di bawah itu mengisyaratkan TNI AL siap untuk menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh Indonesia.

Tentunya pengibaran ini juga membangkitkan kembali kejayaan maritim, untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

"Momen pengibaran bendera di bawah laut ini untuk menunjukkan luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan di dalamnya," ujarnya.

"Yang harus tetap terjaga keutuhannya, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote yang menjadi bukti kejayaan perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia," lanjut Temmy.

Temmy menambahkan, secara terpusat pengibaran Sang Saka Merah Putih di bawah laut dilaksanakan di Pulau Putri Kepuluan Seribu yang dipimpin Wakasal, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

"Prajurit Jalasena Samudera TNI AL adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan, dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia," tutup Temmy.

Laporan Wartawan TribunSulbar.com

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved