OPINI

Ekonomi Sulbar Triwulan II Tumbuh 6,44 Persen Berkat Sektor Pertanian

Begitu pula secara Y-o-Y (tahun ke tahun) tumbuh 2,13 persen pada kuartal II tahun ini (April hingga Juni 2022) jika dibandingkan dengan kuartal II

Editor: Ilham Mulyawan
Tribun-Sulbar.com/Egi Sugianto
Ilustrasi perdagangan di Pasar ikan Pasangkayu, di Jalan Moh Hatta Kelurahan Pasangkayu Kecamatan Pasangkayu, Rabu (3/8/2022). 

 

TRIBUN-SULBAR.COM - Belum lama ini BPS Provinsi Sulawesi Barat merilis angka pertumbuhan ekonomi pada Berita Resmi Statistik (BRS).

Untuk triwulan II pada tahun 2022 ini, angka pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 6,44 persen secara q-to-q (kuartal ke kuartal) yaitu kuartal II 2022 (April hingga Juni 2022) dibandingkan dengan kuartal I 2022 ( Januari hingga Maret 2022).

Begitu pula secara Y-o-Y (tahun ke tahun) tumbuh 2,13 persen pada kuartal II tahun ini (April hingga Juni 2022) jika dibandingkan dengan kuartal II pada tahun lalu (April hingga Juni 2021).

Ini merupakan sebuah hal yang cukup menggembirakan, mengingat pada kuartal I kemarin pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat mengalami kontraksi sebesar 4,48 dibanding kuartal sebelumnya (q-to-q) dan mengalami pertumbuhan tipis secara Y-o-Y yaitu sebesar 0,93 persen.

Seperti kita ketahui bersama bahwa perekonomian Sulawesi Barat utamanya ditopang oleh 3 (tiga) sektor dominan yaitu pertanian, industri pengolahan, dan perdagangan.

Pada kuartal II ini, struktur perekonomian Sulawesi Barat disusun oleh sektor pertanian sebesar 44,80 persen, sektor industri pengolahan sebesar 11,15 persen dan sektor perdagangan sebesar 10,05 persen.

Selain itu andil dari sektor lain yang menyusun perekonomian Sulawesi Barat masing-masing persentasenya hanya di angka satu digit saja.

Pada pertumbuhan ekonomi kuartal II ini, sebagian besar sektor perekonomian mengalami pertumbuhan. Hanya satu sektor yang mengalami kontraksi yaitu sektor administrasi pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib.

Pada triwulan II ini, sektor industri pengolahan tumbuh sebesar 13,15 persen secara q-to-q dimana angka ini menempati peringkat kedua tertinggi setelah sektor informasi dan komunikasi yang tumbuh sebesar 13,97 persen.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved