Opini

Digitalisasi Setengah Mati, Integrasi Setengah Hati

Motivasi terkoneksi lintas sektoral menjadi salah satu sumbu penggeraknya.

Editor: Nurhadi Hasbi
Dok Shalahuddin
Relawan TIK Sulawesi Barat Shalahuddin, S.Sos., MM 

Oleh : Shalahuddin, S.Sos., MM
Relawan TIK Sulawesi Barat

UPAYA digitalisasi pada hampir semua sektor terus didorong secara masif hampir satu dasawarsa.

Motivasi terkoneksi lintas sektoral menjadi salah satu sumbu penggeraknya.

Sejumlah infrastruktur utama hingga penunjang disiapkan untuk memastikan masuk dalam barisan yang siap dengan agenda Go Digital.

Mulai dari pembangunan jaringan internet hingga ke pelosok sampai pada usaha menggiatkan dan meningkatkan literasi digital pada berbagai jenjang usia, pendidikan dan profesi.

Keseriusan pemerintah untuk mencapai target integrasi itu tak main-main. Menteri Komunikasi & Informatika Republik Indonesia, Johny G. Plate dalam berbagai kesempatan mengungkapkan infrastruktur kabel optik 360 ribu kilometer ada di dasar laut dan masih mesti menyambung titik yang belum terhubung.

Dalam hal ini pemerintah akan menghubungkan kembali, masih ada 12 ribu kilometer fiber optik yang harus digelar di darat dan di laut.

Belum lagi dengan sederet program literasi digital yang di launching atas inisiasi Kemenkominfo RI sejak setahun lalu (20/5/2021) dan masih berlanjut pada tahun ini.

Program yang melibatkan sejumlah organisasi pegiat literasi digital se Indonesia. Satu diantaranya adalah Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Relawan TIK) yang memiliki jaringan struktur hingga ke daerah.

Demikian halnya dengan upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah pada berbagai jenjang.
Mulai dari pemerintah provinsi, kabupaten, kecamatan hingga ke desa berlomba-lomba membuat inovasi untuk memudahkan pelayanan mereka pada masyarakat.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved