OPINI

Dana Abadi Pendidikan, Akankah Mewujudkan Kemajuan Pendidikan?

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendukung pemanfaatan Dana Abadi Perguruan Tinggi demi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

Editor: Ilham Mulyawan
Fahrun Ramli/Tribun-Sulbar.com
Ilustrasu belajar - Puluhan siswa SMPN 2 Mamuju, belajar di aula Tribun Lapangan Ahmad Kirang Mamuju, Senin (21/2/2022). 

Oleh : Rahmawati, S.Pd
Ketua Majelis Ta'lim Mar'atul Muthmainnah

TRIBUN-SULBAR.COM - Mendikbudristek Nadiem Makarim meluncurkan Merdeka Belajar Episode ke-21, yakni Dana Abadi Perguruan Tinggi.

Kemendikbudristek bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendukung pemanfaatan Dana Abadi Perguruan Tinggi demi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

Menkeu, Sri Mulyani menyampaikan, dengan adanya Dana Abadi Perguruan Tinggi ia berharap bisa semakin banyak kolaborasi, inovasi, dan kreativitas yang terjadi di perguruan tinggi.

Sehingga perguruan tinggi harus menjadi pusat pendidikan yang mencerahkan bangsa.

Situasi siswa SD Inpres Simboro belajar di tenda darurat, di Jl Martadinata,Mamuju, Sulbar, Rabu (12/1/2022).
Situasi siswa SD Inpres Simboro belajar di tenda darurat, di Jl Martadinata,Mamuju, Sulbar, Rabu (12/1/2022). (Tribun-Sulbar.com/Abd Rahman)

Dengan begitu, Indonesia bisa memiliki orang-orang terbaik yang terus memperbaiki tata kelola, sumber daya, mekanisme, birokrasi, akuntabilitas dan hasil dari berbagai program ataupun kebijakan.

Dukungan yang pihaknya lakukan dalam peluncuran kebijakan itu ia sebut menjadi amanah bagi perguruan tinggi untuk mengelola pendidikan tinggi di masa depan yang lebih baik lagi.

Dana abadi pendidikan adalah model pembiayaan pendidikan kapitalis.

Mengalokasi dana pendidikan dari sumber-sumber terbatas dan mengatasnamakan sudah menjamin biaya pendidikan publik. Selebihnya pemerintah berlepas tangan dan menyerahkan minimnya dana tersebut kepada rakyat.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved