Opini

Beli Minyak Goreng Curah via Aplikasi Pedulilindungi, Diskriminatif dan Salah Sasaran?

Oleh karena itu pengelolaan minyak dikelola oleh Negara bukan pribadi ataupun swasta agar dapat memenuhi hajat hidup orang banyak

Editor: Ilham Mulyawan
ist
Nafsiah, S. Pd. / ibu rumah taNGGA 

 

Oleh : Nafsiah, S. Pd.
Ibu Rumah Tangga

TRIBUN-SULBAR.COM - Pemerintah akan mensosialisasikan pembelian Minyak Goreng Curah Rakyat (MCGR), dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Uji coba pertama akan dilakukan mulai hari Senin, (27/6/2022) lalu.

Ada beberapa perubahan cara membeli minyak goreng curah mulai hari Senin. Mengutip dari booklet panduan membeli Minyak Goreng Curah Rakyat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi , Minggu (26/6/2022) ada tiga langkah membeli minyak goreng curah dengan PeduliLindungi.

Pertama, pembeli datang ke toko pengecer yang menjual MCGR. Daftar toko pengecer bisa dilihat dengan cara klik di sini. Kemudian pilih provinsi dan kabupaten/kota, lalu klik cari pasar.

Kedua, lakukan scan QR code yang ada di pengecer. Ketiga, perlihatkan hasil scan QR code yang ada di aplikasi PeduliLindungi.
Jika hasil scan berwarna hijau, maka bisa membeli MCGR. Jika berwarna merah, artinya tidak bisa membeli MCGR.

Minyak goreng curah di pasar tradisional, Topoyo, Mamuju Tengah dikemas dalam ukuran 1,5 kilogram harga Rp.35 ribu, Sabtu (19/3/2022).
Minyak goreng curah di pasar tradisional, Topoyo, Mamuju Tengah dikemas dalam ukuran 1,5 kilogram harga Rp.35 ribu, Sabtu (19/3/2022). (Tribun-Sulbar.com/Samsul Bachri)

Untuk sementara waktu, pembelian MCGR dibatasi maksimal 10 kg per NIK/hari. Adapun MCGR tetap dijual dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu Rp 14.000/Liter atau Rp15.500/kg.

Kemenko Marves mengklaim proses ini bakal lebih cepat, tepat sasaran dan masyarakat pasti dapat MCGR.

Kemudian, bila pembeli atau konsumen tidak memiliki PeduliLindungi, maka tetap bisa membeli minyak goreng curah. konsumen cukup menunjukkan KTP mereka kepada pedagang.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved