Khazanah Islam

Doa Menyembelih Hewan Kurban Milik Sendiri dan Bukan Milik Sendiri Lengkap Tata Caranya

Ibadah kurban ini meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS yang taat mematuhi perintah Allah SWT.

Editor: Hasrul Rusdi
Ist/TribunSulbar.com
Petugas Karantina Pertanian Sulbar lakukan pengambilan sampel sapi di Serindu, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (25/5/2022). 

TRIBUN-SULBAR.COM - Berkurban merupakan ibadah yang bernilai tinggi di Bulan Dzulhijjah selain menunaikan ibadah haji.

Hukum berkurban adalah sunnah muakad atau sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 10 Dzulhijjah 1443 H atau Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada Sabtu 9 Juli 2022.

Penetapan tersebut berdasarkan Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1443 Hijriyah.

Seperti dijelaskan dalam buku Panduan Lengkap Ibadah Muslim karya Syukron Maksum, berkurban adalah hal yang sangat dicintai Allah di Hari Raya Idul Adha.

"Tidaklah anak adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya," (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim).

Ibadah kurban ini meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS yang taat mematuhi perintah Allah SWT.

Hewan yang disembelih dalam kurban diutamakan domba, sesuai yang disyariatkan.

Selain domba hewan untuk berkurban dapat berupa unta, kambing, atau sapi, yang termasuk dalam kalangan Bahimat Al An'am.

Adapun pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini dapat dilakukan sejak selesainya shalat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah sampai dengan terbenamnya matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah atau sampai akhir Hari Tasyrik.

Orang yang menyembelih hewan kurban diutamakan adalah shahibul qurban atau orang yang berkurban itu sendiri.

Namun demikian, apabila shahibul qurban tidak mampu untuk menyembelih sendiri, maka penyembelihannya bisa dilakukan atau diwakilkan oleh orang lain.

Ini sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Rasulullah yang ketika berkurban.

Hal ini berdasar hasit Ali bin Abi Thalib ra di dalam Shahih Muslim yang menceritakan bahwa pada saat qurban Rasulullah SAW pernah menyembelih beberapa onta qurbannya dengan tangan beliau sendiri kemudian sisanya diserahkan kepada Ali bin Abi Thalib ra untuk disembelih.

Petugas Karantina Pertanian Sulbar lakukan pengambilan sampel sapi di Serindu, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (25/5/2022).
Petugas Karantina Pertanian Sulbar lakukan pengambilan sampel sapi di Serindu, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (25/5/2022). (Ist/TribunSulbar.com)
Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved