Pilpres 2024

Silaturahim Nasional KIB, Penentu Arah Politik Indonesia Menuju Pemilu 2024?

Para partai koalisi pada kegiatan tersebut, akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman.

Editor: Nurhadi Hasbi
DPP Golkar
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (tengah), Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan salam komando. ketiga pemimpin partai ini sepakat membentuk koalisi bersama untuk Pilpres 2024 

TRIBUN-SULBAR.COM - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Partai Golkar, PAN dan PPP melangsungkan Silaturahim nasional, Sabtu (4/6/2022).

Silaturahim nasional yang berlangsung di Pelataran Hutan Kota, Senayan, hadirkan para ketua ketua DPP, DPW dan DPC partai koalisi di wilayah DKI Jakarta.

Momen ini dipercaya akan menjadi salah satu penentu arah politik Indonesia menuju Pemilu 2024.

Para partai koalisi pada kegiatan tersebut, akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman.

Masing-masing ketua umum partai juga akan menyampaikan pidato politiknya.

Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, menegaskan Capres maupun Cawapres yang akan disusung KIB bisa dari ketua umum partai.

Meski begitu, KIB belum mengunci siapa capres atau cawapres akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang.

“Kita masih fokus bicara ide, koalisi ini koalisi gagasan. Saat ini kita memang belum berbicara di tahap siapa-siapa saja calonnya, semua pihak memiliki kesempatan yang sama. Baik Pak Airlangga, saya, Pak Harso, ataupun putera-puteri terbaik bangsa yang lain bisa dicalonkan oleh Koalisi Indonesia Bersatu ini," ujar Zulhas dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com.

Mengenai peluang apakah dirinya termasuk yang diusung KIB sebagaimana Golkar mengajukan nama Airlangga Hartarto, Zulhas tidak menampik.

Akan tetapi, dia menegaskan bahwa salah satu fokus koalisi adalah mendorong agar pemilu yang akan datang bisa diikuti oleh sekurangnya tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Semangat besarnya adalah menghindari polarisasi dan perpecahan, seraya membuka pintu selebar-lebarnya, menggelar karpet biru, kuning, dan hijau untuk siapapun putera-puteri terbaik bangsa yang ingin mengabdi kepada negaranya," kata dia.

Adapun Zulhas mengatakan seluruh pimpinan DPW PAN dari 34 Provinsi sudah berkumpul di Jakarta begitupun Partai Golkar dan PPP.

Sekitar 200 undangan akan hadir di Hutan Kota Pelataran, Jakarta, petang nanti untuk gelaran Silaturahim Nasional KIB dan penandatangan nota kesepahaman. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved